Jadilah Panutan !

Paunutan

 “Raja Daud telah tua dan lanjut umurnya, dan biarpun ia diselimuti, badannya tetap dingin.” (1 Raja-raja 1:1)

 

Dari pembacaan Alkitab yang kita renungkan hari ini, kita menemukan bagaimana kondisi hari tua Daud. Ia tidak lagi memiliki kekuatan, bahkan sekalipun tubuhnya ditutup dengan selimut yang tebal pun, termasuk membiarkan orang lain menghangatkan tubuhnya, tubuh Daud tetap dingin (ay. 1-2). Mengapa bagian ini dicatat oleh penulis Kitab Raja-Raja? Apakah ini tidak mempermalukan Raja Daud yang gagah perkasa itu? Tentu saja tidak! Jika Alkitab mencatat peristiwa atau kondisi-kondisi tertentu, yang menurut pemikirkan kita, hal itu “memalukan,” namun justru melalui hal tersebut, Tuhan ingin, kita menyadari dan mengerjakan yang terbaik, agar kita hidup sesuai kehendak-Nya.

Daud dikenal sebagai pahlawan dan raja yang luar biasa hebat dalam sejarah kerajaan Israel. Ia banyak mengalahkan musuh, dan kerajaannya ditakuti musuh-musuhnya. Namun, kejayaan dan kegemilangannya di medan pertempuran serta kekuasaannya yang besar bukan berarti menjadikan dirinya “manusia super,” yang terus memiliki kekuatan memimpin kerajaannya.  Catatan peristiwa hari tua Daud mengingatkan kepada kita, bahwa betapapun hebatnya Daud ataupun diri kita, kita tetap manusia yang lemah, sebab suatu hari kelak kita akan sama seperti Daud yang lemah dan tak berdaya. Karena itu, janganlah kita menjadi sombong atas apa yang telah kita capai pada hari ini; sebaliknya, kerjakanlah yang terbaik, layani sesama, dan muliakanlah Tuhan, sebelum tiba hari-hari yang sulit itu dalam kehidupan kita. Jalanilah hidup dengan baik dan benar!

Dengan berbuat demikian, kita tidak akan pernah merasa kecewa, ketika masa tua kita tiba waktunya. Bahkan sama seperti Paulus, kita dapat mengatakan: “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman” (2Tim. 4:7). Oleh karena itu, jika kita masih berperilaku yang tidak baik, maka perbaruilah cara hidup kita mulai hari ini dan hasilkanlah karya yang memuliakan nama Tuhan.

 

Pastikan Anda mulai berkata baik dan bertindak baik mulai hari ini sampai selamanya, agar hidup Anda layak menjadi panutan bagi generasi masa kini dan masa datang!

 

Artikel oleh: November 24, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from 1 Kings  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda