Rindu Mencari Tuhan

Rindu

“Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.” (Mazmur 42:2)

 

Pemazmur menyatakan beberapa ungkapan yang menggambarkan betapa berat beban kehidupan yang sedang dia alami. Air mata, ejekan, musuh dan kesendirian, silih berganti menerjang kehidupan sang pemazmur. Dua pertanyaan terlontar, dan pertanyaan tersebut juga sangat mungkin menekan jiwa kita saat menghadapi kehidupan ini.  Pertama, “Di manakah Allahmu?” Bukankah pertanyaan ini juga sering kita dengar saat kita menghadapi jalan buntu kehidupan ini. Bahkan, terkadang pertanyaan ini, tanpa kita sadari, muncul dalam hati kita yang terdalam, mempertanyakan keberadaan Tuhan dalam kehidupan kita.  Kedua, “Mengapa aku, Tuhan?” Pemazmur berkata, “Jiwaku tertekan dalam diriku…”, “Mengapa Engkau melupakan aku?” Seruan yang menunjukkan betapa sedih dan susahnya pengalaman hidup yang dialaminya; seolah-olah, pemazmur bertanya kepada Tuhan, “Mengapa aku yang harus mengalami pengalaman ini?”

Di tengah-tengah pergumulan dan tekanan batin yang demikian kuat, Pemazmur melakukan dua hal yang mengubah kehidupannya, yaitu: (1) Berharap kepada Tuhan. Berharap seperti Rusa yang sangat merindukan sungai untuk menghapus kehausannya. Berharap pada Allah yang menjadi Penolong yang tidak pernah meninggalkan dirinya. Pengharapan kepada Pribadi Allah yang benar, akan memberikan kekuatan baru dalam kehidupan anak-anak Tuhan. (2) Bersyukur atas karya dan perbuatan tangan-Nya yang ajaib. Bersyukur berarti kita kembali menaruh rasa percaya kita pada Pribadi Allah yang hidup, yang memimpin serta memelihara kehidupan kita dengan cermat. Bersyukur mengarahkan pandangan dari diri sendiri yang penuh dengan kelemahan kepada Pribadi Allah yang berkarya melalui kehidupan kita. Bersyukur berarti mengakui kebesaran Tuhan dalam hidup kita.

Ketika beban kehidupan menimpa dan menghimpit kita, apakah kita masih rindu mencari Allah,

seperti rusa yang haus akan sungai yang berair?

 

Artikel oleh: November 21, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda