Allah Selalu Perhatikan

Allah Selalu Perhatikan

ā€œMengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya Tuhan,Ā dan menyembunyikan diri-MuĀ dalam waktu-waktu kesesakan?ā€Ā (Mazmur 10 : 1)

 

Mengapa kadang Tuhan menuntun hidup kita dengan cara dan arah yang sulit kita mengerti? Bahkan sepertinya yang dikatakan oleh Pemazmur bahwa kadang-kadang Tuhan ā€œbersembunyiā€ terhadap kita ketika kita direndung masalah? Tentu karena Dia lebih tahu apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan kita, sehingga apapun bentuk tuntunan-Nya pasti terbaik.

Belajar dari kehidupan umat Israel, di dalam Keluaran 13 : 17-22 menceritakan bahwa mereka juga mengalami hal yang sama. Tuhan tidak langsung memimpin mereka melalui tanah Filistin yaitu jalan tercepat untuk sampai ke tanah perjanjian. Sebaliknya Tuhan memimpin mereka berputar melalui jalan yang harus dilintasi dan Laut Teberau yang harus diseberangi.Ā  Tuhan tidak ingin mereka menyesal dan kembali ke Mesir karena harus menghadapi pencobaan yang tidak dapat mereka tanggung (peperangan dengan orang Filistin, yang kuat dan suka berperang dengan senjata yang lengkap). Tuhan tahu mereka adalah mantan budak yang belum siap dan terlatih untuk berperang (terjemahan lebih tepat ay. 18b, adalah ā€œtersusun dalam pasukanā€, bukan siap sedia berperangā€ karena Kel. 12 : 11 mengatakan mereka hanya membawa tongkat saja).

Walaupun perjalanan mereka agak berputar, Tuhan tidak pernah meninggalkan mereka. Tuhan hadir melalui tiang awan pada siang hari (21-22) supaya mereka tidak kepanasan dan tiang api pada malam hari supaya mereka tidak kedinginan (di padang gurun perubahan suhu pada siang dan malam hari biasanya sangat tajam).Ā  Yang indah di sini adalah mereka merespons penyertaan Tuhan ini dengan mempercayai bahwa Tuhan sedang menggenapkan janji-Nya pada nenek moyang mereka, Yusuf. Oleh karena itu mereka membawa serta tulang belulang Yusuf untuk dimakamkan ulang di tanah perjanjian kelak (lih. Kejadian 50 : 25).

 

Banyak hal yang mungkin terjadi dalam perjalanan hidup kita,Ā yang tentunya ada dalam izin dan rencana Tuhan.Ā Namun jangan gentar apalagi ragu, sebab Dia akan selalu memperhatikan kita dan menyertai kita.

Ā 

Artikel oleh: October 31, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda