Setia Terhadap Firman

Setia Terhada FA

“Musa memanggil seluruh orang Israel berkumpul dan berkata kepada mereka: “Dengarlah, hai orang Israel, ketetapan dan peraturan, yang pada hari ini kuperdengarkan kepadamu, supaya kamu mempelajarinya dan melakukannya dengan setia”  (Ulangan 5 : 1)

 

Sepuluh hukum Allah yang diberikan Allah kepada Musa dan kemudian diteruskan kepada bangsa Israel bukanlah satu hukum yang mengerikan tetapi justru hukum yang melindungi mereka.  Kita harus tahu bahwa bangsa Israel adalah bangsa yang dipanggil dan dipilih Allah untuk menjadi umat-Nya. Oleh sebab itu, Allah mau cara hidup atau gaya hidup mereka berbeda sama sekali, tidak boleh sama dengan bangsa-bangsa yang ada di sekelilingnya saat mereka hidup di tanah Kanaan. Sebab gaya hidup bangsa-bangsa yang ada di sekeliling bangsa Israel adalah bertentangan dengan sepuluh perintah Allah dan

mendatangkan kutuk.

1. Bila Allah berkata, “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung…” sebab bangsa-bangsa lain memiliki banyak allah atau ilah dan patung-patung yang menjadi sesembahan mereka dan yang dianggap bisa menolong mereka.

2. Bila Allah berkata, “Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sembarangan”, sebab bangsa lain melakukan hal yang dilarang Tuhan.

3. Bila Allah berkata, “Kuduskanlah hari Sabat” sebab bangsa-bangsa lain sama sekali tidak menghargai waktu perhentian bagi Tuhan.

4. Bila Allah berkata, ”Hormatilah ayahmu dan ibumu”, sebab gaya hidup bangsa-bangsa lain suka memberontak dan mendurhakai orang tua sehingga berakhir dengan kematian dini. Dan bila Allah berkata demikian hal itu karena Allah ingin umat-Nya lanjut umurnya dan baik keadaannya.

5. Bila Allah berkata, “Jangan membunuh. Jangan berzinah. Jangan mencuri. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.” Hal ini karena gaya hidup bangsa-bangsa lain suka membunuh, berzinah, mencuri dan memfitnah sesamanya. Pada hal membunuh, berzinah, mencuri dan memfitnah mendatangkan penghukuman bagi yang melakukannya. Oleh sebab itu Allah mau umat-Nya tidak mati karena hal-hal tsb.

6. Bila Allah berkata, “Jangan mengingini istri sesamamu dan harta bendanya” hal ini karena dengan cara itulah bangsa-bangsa lain memuaskan kebejatannya.   Tetapi bangsa Israel tidak perlu melakukan hal itu karena mereka memiliki Allah menyediakan keperluan hidupnya.

 

Kita adalah warga kerajaan surga, maka kita harus hidup dengan gaya hidup surga, yakni setia terhadap ajaran Tuhan!

Artikel oleh: August 22, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Deuteronomy (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ulangan)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda