Tuhan Rindu Memakaimu!

Tuhan Rindu Memakaimu

“Dari orang Yizhar adalah Kenanya beserta anak-anaknya yang diserahi tugas luar di Israel, yaitu menjadi pengatur dan hakim.”В 

(1 Tawarikh 26 : 29)

 

Pelayanan suku Lewi bukan hanya terbatas pada pelayanan ibadah secara langsung, melainkan juga pelayanan pendukung, yaitu pelayanan sebagai penunggu pintu (26:1-19) atau penjaga Bait Allah, pengawas perbendaharaan rumah Allah (26:20-28), serta pengatur dan hakim (26:29-32).

Pada zaman dulu, tempat ibadah tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang, bahkan wilayah yang dianggap suci hanya boleh dimasuki oleh orang tertentu pada waktu-waktu tertentu. Dalam hal Bait Allah, yang boleh menyelenggarakan ibadah hanyalah para imam (keturunan Lewi). Khusus untuk ruang mahakudus, yang boleh masuk ke sana hanyalah imam besar dan hal itu hanya bisa dilakukan setahun sekali pada Hari Raya Pendamaian. Dalam konteks seperti di atas, peran para penjaga pintu untuk mengatur siapa yang diperbolehkan (atau tidak diperbolehkan) untuk masuk menjadi sangat penting. Mereka harus berjaga-jaga dengan disiplin selama 24 jam sehari secara bergiliran agar tempat ibadah tidak dinodai oleh orang-orang yang seharusnya tidak boleh masuk.В  Pengawas perbendaharaan rumah Allah penting karena perlengkapan ibadah dipandang sebagai benda suci yang harus dijaga agar tidak dipakai secara tidak semestinya, sehingga pemakaian yang sembarangan akan menodai kesucian perlengkapan ibadah. Para pengatur dan hakim berperan penting untuk mengajar umat Allah dan mengadili perkara-perkara yang terjadi di luar rumah ibadah.

Keberagaman tugas suku Lewi di atas mengandung dua prinsip penting bagi pelayanan Kristen pada masa kini: Pertama, pelayanan Kristen itu tidak terbatas pada pelayanan ibadah saja, tetapi beraneka ragam. Jangan pernah berpikir bahwa hanya mereka yang berkhotbah, memimpin pujian ataupun memainkan musik yang disebut melayani Tuhan, namun setiap hal yang kita lakukan bagi kemuliaan Tuhan, termasuk pekerjaan kita, adalah pelayanan. Kedua, semua pelayanan itu penting dan kita harus bekerja sama.

 

Tuhan rindu memakaimu sesuai dengan potensi, karunia,В skillВ  atau talenta yang Dia berikan padamu!

 

Artikel oleh: June 11, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Chronicles (Renungan Alkitab dari Kitab Tawarikh)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda