Menjadi Ciptaan Baru

Menjadi Ciptaan Baru

“Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya”. (Galatia 6 : 15)

 

Pada pasal terakhir ini Paulus menyimpulkan bahwa orang-orang yang memaksa jemaat Galatia untuk disunat adalah orang-orang yang memegahkan hal-hal lahiriah sebagai tanda kesalehan.В  Mereka seolah ingin menyatakan bahwa keselamatan di dalam Kristus baru lengkap bila orang Galatia telah disunat. Ini kesalahan besar dan Paulus geram karenanya. Kekristenan jelas bicara tentang apa yang Allah lakukan bagi manusia dan bukan apa yang manusia kerjakan bagi Allah. Kekristenan bicara soal kasih karunia dan bukan ketaatan melakukan Taurat, karena untuk beroleh pembenaran dari Allah, orang hanya perlu percaya Kristus.

Paulus sendiri memiliki tanda-tanda lahiriah (ayat 17); namun, tanda lahiriah itu ada karena kesetiaannya memikul salib untuk melayani Tuhan. Paulus tidak bermegah atas tanda-tanda lahiriah tersebut. Bagi Paulus yang penting bukan tanda melainkan iman sejati yang ada di baliknya.В  Ketika kekristenan hanya berhenti sebatas tanda lahiriah maka ada begitu banyak kerugian yang akan dialami oleh orang Kristen. Imannya akan mandek bahkan dalam bahaya mati karena tidak lagi menjadi dasar hidup kekristenannya. Yang muncul adalah kemunafikan. Dari luar kelihatan saleh, tetapi di dalam imannya keropos. Bagaimana mungkin kekristenan seperti itu bisa bertahan menghadapi badai pencobaan?

Kekristenan bicara soal kasih karunia dan bukan ketaatan melakukan Taurat, karena untuk beroleh pembenaran dari Allah, orang hanya perlu percaya Kristus.В  Bagaimana dengan Saudara?В  Apakah kita hanya menjadi orang yang senang mendorong orang lain untuk melakukan kebenaran padahal kita sendiri tidak melakukannya? Yang senang menambah-nambahi kebenaran dengan berbagai tradisi dan pemikiran sendiri? Ataukah menjadi orang yang berani menyuarakan kebenaran meski berseberangan dengan orang lain?В  Kiranya kita bukan hanya menjadi pendengar firman saja, tetapi menjadi pelaku juga.

 

Pastikan hidup kita selalu diperbaharui dari waktu ke waktu;В dari hari ke hari oleh kuasa Roh Kudus.

 

Artikel oleh: May 24, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda