Berbuatlah Baik!

Berbuatlah Baik

“Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik” (Galatia 6 : 10)

 

Kalimat “Selama masih ada kesempatan” berbicara tentang sisa usia manusia dan juga orang Kristen. Kapan kita memiliki kesempatan? Ya, sekarang dan sampai kita menghembuskan nafas terakhir. Lalu apa kontribusi kita selama ada kesempatan yang tersisa ini?   Apa saja yang perlu orang kristen ketahui selama masih ada kesempatan ini?

Yang harus kita lakukan yaitu: hidup yang selalu berbuat baik. Berbuat baik sesuai dengan etika dan hukum Kristus. “Berbuat baik” menurut dunia, jauh berbeda dengan “berbuat baik” menurut Allah. Berbuat baik menurut Allah selalu berbicara kebenaran. Perkataan dan tindakan selalu se jalan.  Perbuatan baik adalah hasil dari buah yang baik. Buah yang baik bersumber dari tanah yang baik (hati yang baik), tidak ada kepura-puraan (Matius 13:23).

Kepada siapa kita layak untuk berbuat baik?  Yakni, kepada semua orang, terutama kepada saudara seiman.  “Semua orang” berarti tanpa pengecualian. Apa pun sukunya, apa pun warna kulitnya, apa pun bahasa atau logatnya, apa pun karakternya, bagaimana pun bentuk fisiknya, apa pun jenis kelaminnya, berapapun usianya, sekali pun dia sempurna atau tidak sempurna fisiknya, apapun pendidikannya, status sosialnya, apa pun jabatannya, pekerjaannya, jahat atau baik, kriminal atau bukan kriminal, cacat atau tidak cacat, miskin atau kaya, dan lain-lain.  “Saudara seiman” adalah spesial, yang terutama. Bisa berarti saudara kandung, yakni lahir dari satu rahim ibu yang sama.  Seiman, yakni iman kepada Kristus (Roma 10:17). Iman yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah yang mati untuk menebus dosa manusia, iman akan pengharapan surga. Bertobat dan menerima diri dibaptis.

Kapan kita memiliki kesempatan?  Sekarang. Jangan tunda hari esok!  Mengapa?  Karena belum tentu kesempatan hari esok masih ada lagi untuk kita.  Berbuatlah kebaikan dan jangan ditunda apalagi mengabaikannya. Sebab Yakobus berkata, “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa” (Yakobus 4 : 17).

 

Dengan pertolongan Roh Kudus, pastikan hari ini Anda mampu berbuat baik!

 

Artikel oleh: May 23, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda