Saling Menolong !

Saling Menolong !

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”. (Galatia 6 : 2)

 

Dalam komunitas Kristen pasti terdapat dua macam tipe orang percaya yaitu: yang rohani dan yang tidak rohani.  Orang-orang yang rohani biasanya mereka sungguh-sungguh menerapkan firman Tuhan dalam kehidupannya sehari-hari dan selalu bersandar kepada Tuhan.  Sedangkan orang yang tidak rohani, biasanya mereka yang setengah hati mengamalkan kebenaran firman dalam hidupnya. Mereka yang tidak rohani ini menganggap enteng firman itu, sehingga ketika masalah atau percobaan datang dalam hidup mereka, maka iman mereka mudah goyah dan bisa mengalami kemerosotan. Hal itulah yang sering terjadi dalam masyarakat Kristen sejak dahulu sampai sekarang ini.

Dalam kenyataan hidup sekarang ini, kita banyak mendengar orang-orang Kristen disekitar kita yang tadinya sangat setia kepada Tuhan berubah menjadi tidak setia lagi atau mundur dari persekutuannya dengan Tuhan.  Bahkan ada juga hamba-hamba Tuhan yang sangat dipakai oleh Tuhan, tiba-tiba kita mendengar ia jatuh dalam dosa.  Ada yang karena masalah keuangan, ada yang masalah seksual ataupun penyebab yang lain.

Bagaimana sikap kita melihat kenyataan hidup seperti itu?  Beberapa dari orang percaya hanya berdiam diri karena merasa bahwa orang-orang yang melakukan “pelanggaran” itu bukan siapa-siapanya.  Ada orang Kristen yang tidak mau menerima keluhan sesamanya.  Mereka menunjukkan sikap acuh tak acuh dan tidak simpatik terhadap sesamanya yang tergelincir dalam godaan dosa.  Apakah harus seperti itu?  Paulus berkata, “kalaupun seorang kedapatan melakukan pelanggaran, maka kamu yang rohani harus memimpin orang itu ke jalan yang benar”.  Artinya bahwa, menjadi tugas orang Kristen untuk mengembalikan orang itu ke jalan yang benar, bukannya membiarkan.

Tugas orang percaya adalah menolong sesamanya yang menghadapi masalah.  Kalaupun saudara seiman kita, siapapun dia, misalnya jatuh dalam dosa tetapi jaraknya jauh dari jangkauan kita, maka dengan berdoa buat dia, kita telah turut peduli.  Betapa pentingnya doa-doa yang kita panjatkan itu untuk saudara seiman lainnya.

 

Sekecil apapun dapat kita lakukan untuk menolong sesama yang hidupnya jauh dari Tuhan!

Artikel oleh: May 22, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda