Katakan Tidak Pada Keinginan Daging!

Katakan Tidak Pada Keinginan Daging

“Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh…” (Galatia 5 : 17)

          Kebebasan Kristen bukanlah kebebasan untuk berbuat sesuka hati dengan mengikuti kata hati yang jahat, tetapi suatu kebebasan untuk berjalan dalam kehidupan Roh. Roh Kudus yang akan memimpin atau membimbing keinginan orang percaya kepada perbuatan baik bukan perbuatan dosa.  Roh Kudus bekerja secara tersembunyi di dalam diri orang percaya dengan cara mengarahkan keinginan kita kepada hal atau perbuatan yang baik kepada sesama. Perbuatan baik tidak lagi tersembunyi melainkan nampak sebagai efek.

Mengapa hidup kita perlu dipimpin oleh Roh Kudus?  Perjuangan orang percaya adalah melawan keinginan untuk berbuat dosa. Roh Kudus yang tinggal di dalam diri orang percaya menjadi pribadi Allah yang langsung bermusuhan dengan keinginan perbuatan dosa itu. Oleh karena itu, orang yang dipimpin oleh Roh Kudus adalah orang yang berjuang melawan keinginan untuk berbuat dosa dalam hidupnya.

Rasul Paulus menyatakan bahwa tanpa pimpinan Roh Kudus, manusia cenderung rapuh dan jatuh dalam perbuatan dosa. Keinginan yang baik di dalam diri memang ada namun keinginan jahat selalu menang atas keinginan baik itu. Jika hidup orang percaya dipimpin oleh Roh Kudus, maka di dalam diri orang tersebut memiliki pertentangan atau permusuhan dengan keinginan untuk berbuat dosa. Pertentangan ini menjadi semacam konflik batin dan akan menghasilkan efek atau buah yang baik yaitu perbuatan-perbuatan baik. Hidup dipimpin oleh Roh Kudus pasti akan menghasilkan buah yang baik atau perbuatan yang baik kepada sesama.  Sampai sekarang, perbuatan daging seperti yang tertulis dalam ayat 19 dan 20, sering menguasai hidup manusia, termasuk orang yang sudah menjadi pengikut Kristus. Namun seharusnya, kita sebagai orang percaya harus menjauhi dosa-dosa itu.

 

Orang yang masih hidup dengan keinginan dagingnya bukanlah cermin seorang Kristen yang benar dan taat. 

 

Artikel oleh: May 20, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda