Hanya Oleh Kasih

Hanya Oleh Kasih

“Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka”. (Galatia 4 : 31)

 

Untuk meyakinkan jemaat Galatia yang telah berpaling dari ajaran Injil kasih karunia itu, maka Paulus mengingatkan mereka kembali tentang kisah Sara dan Hagar.  Secara allegoris, maka ada perbedaan antara Hagar dan Sara:

Kehidupan Hagar,

  • Menjadi kiasan perjanjian Lama dalam Hukum Taurat.
  • Karena ia adalah seorang hamba, maka semua keturunannya akan dilahirkan untuk diperhamba. Jadi, PL yang berpangkal tolak dari hukum Taurat itu akan menjadikan manusia hamba-hamba hukum Taurat.
  • Anak Hagar lahir hanya atas kehendak manusia; maka menaati hukum Taurat merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan oleh manusia.

Kehidupan Sara,

  • Menjadi kiasan Perjanjian Baru, merupakan cara baru yang dipakai oleh Allah untuk bersekutu dengan manusia.
  • Cara baru itu tidak melalui hukum Taurat, tetapi melalui kasih karunia.
  • Anak Sara dilahirkan sebagai anak merdeka dan perwujudan dari janji Allah; maka semua keturunannya pun adalah orang merdeka serta menerima janji-janji Allah.

 

Meskipun semua ini nampak aneh buat kita, namun di dalamnya terkandung suatu kebenaran yang besar.  Bahwa orang yang membuat hukum Taurat sebagai pegangan hidupnya adalah orang yang ada dalam martabat sebagai hamba; sebaliknya orang yang berpegang teguh pada anugerah Allah, ia akan merdeka.  Seorang rahim besar pernah menyebutkan hal itu dalam suatu pepatah Kristen : “Kasihilah Allah dan perbuatlah sesuka hatimu”. Yang membenarkan kita bukanlah tekanan dan paksaan hukum Taurat, melainkan kuasa dari kasih Allah yang besar itu; sebab kasih selalu lebih berkuasa dari pada hukum.

 

Ketika Anda sungguh-sungguh mengasihi Allah, maka secara otomatis tindakan Anda adalah cermin dari kasih itu; apapun yang Anda perbuat.

 

Artikel oleh: May 16, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda