Himbauan Kasih

Himbauan Kasih

“Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu”. (Galatia 4 : 19)

 

Paulus sangat terharu bila mengingat perlakuan orang-orang percaya di Galatia terhadap dirinya pada waktu pertama kali ia mengunjungi mereka untuk memberitakan Injil. Sekalipun ia mengalami penderitaan badani, mungkin semacam penyakit ditubuhnya, tetapi mereka tetap menerimanya dengan senang hati.  Mereka tidak menghinanya ataupun merasa jijik terhadap dirinya, sebaliknya mereka menerimanya seperti menerima Yesus Kristus.

Dari ucapan dan perkataan Paulus, dapat disimpulkan bahwa betapa erat dan dekatnya hubungannya dengan jemaat Galatia pada masa lalu.  Kedekatan dan keintiman itulah yang merupakan kenangan dan pengalaman terindah antara dirinya dan orang percaya di Galatia. Hal itu merupakan suatu kebahagiaan yang sangat bernilai bagi Paulus.  Dimanakah kebahagiaan itu?  Dapatkah bahagia yang mereka rasakan bersama seperti itu terulang lagi?  Itulah yang menjadi tanda tanya dalam hati Paulus dan ia sampaikan kepada mereka.  Apakah karena kebenaran yang ingin diluruskannya, diakibatkan pemahaman dan praktek hidup mereka yang mulai salah itu, harus memutuskan hubungan baik mereka selama ini dan kemudian menganggap Paulus sebagai musuh mereka?  Kerinduan Paulus yaitu: jemaat Galatia yang telah terpisah dari Kristus dan hidup diluar kasih karunia dapat berbalik kembali kepada Injil Kristus yang sejati.  Dia mengatakan bahwa mereka memerlukan kelahiran rohani yang kedua kalinya yaitu dipulihkan kembali dari cara pandang dan cara hidup yang sama sekali salah.

Dengan berbagai ujian kehidupan serta godaan-godaan dunia yang kita hadapi sekarang ini, maka seringkali iman kita kepada Kristus menjadi goyah.  Kita mudah terbuai oleh kemewahan dan kesenangan duniawi tanpa memikirkan akibatnya nanti dan tidak peduli kepada suara Tuhan. Kita mulai ganti kebenaran Injil dengan kebenaran diri sendiri.  Pada akhirnya, kita mulai jauh dari kebenaran-Nya.

 

Himbauan Kasih berkata: Kembalilah kepada kasih yang mula-mula, dan berilah dirimu dipulihkan oleh-Nya, sekarang juga.

Artikel oleh: May 15, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda