Bukan Sekedar Perbuatan

Bukan Sekedar Perbuatan

“Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus”. (Galatia 2 : 16a)

 

Paulus menyadari bahwa bangsa Israel pun tidak luput dari dosa, seperti juga bangsa-bangsa yang lain.  Jadi, bangsa Israel pun perlu bertobat dan menerima keselamatan di dalam Yesus Kristus dengan iman seperti bangsa-bangsa lain.  Orang berdosa dapat dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memiliki hubungan yang benar dengan Allah hanya melalui iman yang hidup dalam Kristus, bukan karena melakukan hukum Taurat.

Dan hal itu, menurut Paulus, bukanlah suatu perbuatan tetapi sebaliknya penerimaan anugerah Allah dalam Kristus.  Dengan demikian, iman itulah yang merupakan inti dan sumber dari kehidupan rohani, termasuk perbuatan-perbuatan kita.  Roma 9 :31 menuliskan, “Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai pada hukum itu. Mengapa demikian? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan”.  Roma 4 : 4 melanjutkan, “Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya”.

 

Artinya seperti ini: Jika sumber itu, yaitu iman, tidak ada pada kita, maka niat kita untuk melakukan hukum Taurat itu tidak terarah kepada Allah dan sesama kita, tetapi kita melakukannya untuk dibenarkan, yaitu hanya berguna untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, kemungkinan satu-satunya adalah bahwa Allah sendiri yang membenarkan kita, menerima kita dan itulah yang terjadi dalam pengorbanan Kristus.  Seperti yang tertulis dalam 2 Korintus 5 : 21 bahwa, “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah”.

Itulah karya Kristus bagi kita, yang harus diterima dengan iman!  Hal itu dilakukannya supaya menghindarkan kita dari cara hidup kekristenan yang salah, dimana kita merasa bahwa melalui usaha sendiri (dengan perbuatan baik) akan dapat mendatangkan sukacita Allah, padahal tidak seperti itu!

 

Berbuat baik itu bukanlah jalan keselamatan, 

tetapi merupakan buah dari iman kita yang sungguh kepada Kristus.

 

Artikel oleh: May 5, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda