Demi Nama Yesus

Demi Nama Yesus

“Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia”. (Galatia 1 : 11)

Tantangan hebat yang dihadapi oleh Paulus dan kasihnya yang besar kepada jemaat Galatia yang didengarnya mulai beralih kepada ajaran yang lain yang bukan Injil Kristus, membangkitkan semangat dan keberaniannya untuk membuktikan dirinya sebagai rasul yang dipanggil khusus oleh Tuhan.  Untuk membuktikan itu, ia dengan berani menunjukkan dirinya sendiri dengan perubahan radikal yang dialaminya.  Kesaksian hidupnya sebagai berikut :

  • Ia pernah sangat fanatik dalam Hukum Taurat.  Ia penganut yang taat dan rajin terhadap ajaran Taurat. Tetapi kini pusat kehidupannya yang menonjol adalah Injil dan anugerah Allah. Segala sesuatu yang diperbuatnya demi kesenangannya sendiri telah dihentikannya secara total, sebaliknya ia mulai bersukacita di dalam pekerjaan Tuhan.
  • Ia dahulunya adalah penganiaya jemaat Allah yang ulung.  Ia telah banyak menghancurkan gereja dan umat Tuhan, tetapi kini tujuan utama hidupnya adalah justru melebarkan sayap gereja sampai keujung dunia.  Untuk hal itu, ia telah siap, bahkan bersedia melakukannya sampai mati.

Apakah yang mengubahkan Paulus?  Yaitu karya Allah sendiri yang oleh anugerah-Nya “berkenan menyatakan Anak-Nya” (ay 6a) dalam dirinya.  Pernyataan itu benar-benar bekerja dalam diri Paulus dan menjadi sesuatu yang menentukan bagi hidup Paulus selanjutnya (2 : 20).  Namun peristiwa yang sangat penting dan sakral ini secara singkat dan to the point disampaikannya.  Ia tidak mau menarik perhatian orang kepada dirinya dan bukan lagi kepada Kristus.  Berbeda dengan kehidupan orang-orang tertentu, termasuk “rasul-rasul” zaman Paulus sampai orang percaya ataupun hamba-hamba Tuhan masa kini, dimana suka sekali memberi kesaksian sedemikian rupa dengan menceritakan pengalaman-pengalaman mereka “bertemu dengan Tuhan” supaya dikagumi dan hormati.  Bahkan menyebabkan diri mereka yang lebih dikagumi dari pada Yesus Kristus sendiri.

 

Dalam segala keadaan, Anda harus tetap meninggikan nama Yesus di atas kepentingan yang lain; itulah bukti menjadi orang Kristen sejati!

 

Artikel oleh: April 30, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Galatians (Renungan Alkitab dari Kitab Galatia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda