Baik, Walau Tidak Menonjol

Baik, Walau tidak Menonjol

“Sesudah dia, bangkitlah Yair, orang Gilead, yang memerintah sebagai hakim atas orang Israel dua puluh dua tahun lamanya”. (Hakim-Hakim 10 : 3)

 

Konon, masyarakat pada umumnya, lebih senang menonton  film dan sinetron yang penuh dengan polemik, ketegangan, dan kejutan.  Kisah-kisah seperti itulah yang mampu menyedot minat dan perhatian para penonton atau pemirsa.  Kisah-kisah seperti itulah yang juga lebih banyak memikat jemaat untuk membaca Alkitab.  Tidaklah mengherankan jika tokoh-tokoh seperti Gideon (Hak 7-8) dan Abimelekh (Hak 9) lebih dikenal daripada Tola dan Yair (Hak 10:1-5).

Akan tetapi, A.M. Muir mengungkapkan dua pengamatan penting yang sering luput dari perhatian kita:

 

1). Waktu tenang sebenarnya seringkali lebih panjang dari waktu tegang.  Gideon diceritakan dalam dua pasal penuh (pasal 7-8), dan masa pemerintahannya meliputi 40 tahun (9:22).  Sementara itu, Tola hanya diceritakan dalam 2 ayat (10:1-2), namun pemerintahannya meliputi 23 tahun.  Memang secara psikologis, waktu yang penuh ketegangan seringkali terasa sangat lama.  Sebaliknya, waktu yang penuh ketenangan  seringkali terasa begitu cepat berlalu.  Akan tetapi, kita harus waspada, jangan sampai kita lupa mensyukurinya sebagai berkat Tuhan.

2). Tokoh yang tidak terkenal sebenarnya seringkali  lebih baik dari tokoh sensasional.  Abimelek adalah tokoh yang sangat terkenal.  Mengapa? Dia hanyalah anak seorang gundik dari Gideon, tetapi berhasil merebut kekuasaan dengan membunuh ke-70 saudara-saudaranya sendiri dalam konspirasi dengan penduduk Sikhem (9:5).  Dialah juga yang kelak akan membantai seluruh penduduk menara Sikhem (9:49).  Akan tetapi, dia hanya memerintah dengan baik selama 3 tahun (9:22).

Sementara itu, Yair kurang dikenal karena memang hidupnya tidak sensasional, namun dia berhasil mendidik 30 anaknya dengan baik untuk memerintah tiga puluh kota selama 22 tahun.  Jadi, mana yang sebenarnya lebih baik?

 

Pemimpin sensasional seringkali memang lebih mudah diingat, tetapi justru pemimpin yang tidak terkenal lah yang lebih sering dan lebih mampu memberikan ketenangan.

 

Artikel oleh: April 14, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Judges (Renungan Alkitab dari Kitab Hakim-Hakim)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda