Pembinaan Anak Itu Penting!

Pembinaan Anak Itu Penting!

“Jawab-Nya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”(Lukas 2 : 49)

 

Anak memerlukan pembinaan rohani. Tidaklah cukup bila orang tua hanya memenuhi kebutuhan materi dan pembinaan intelektual, namun mengabaikan pembinaan rohani bagi anak mereka!  Bacaan Alkitab hari ini menunjukkan bahwa Yusuf dan Maria pun tidak memahami keperluan rohani Anak mereka. Mereka heran ketika melihat Tuhan Yesus berdiskusi dengan para alim ulama di Bait Suci karena mereka beranggapan bahwa masalah kerohanian itu merupakan masalah orang dewasa. Maria bahkan berkata, “Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami?” Maria beranggapan bahwa apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus itu tidak sepantasnya!

Dalam Alkitab, ketika orang-orang membawa anak-anaknya yang kecil kepada Tuhan Yesus, para murid Tuhan Yesus melarang, tetapi Tuhan Yesus justru berkata, “Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.” (Lukas 18:16). Tuhan Yesus menentang pendapat zaman itu yang meremehkan anak-anak.  Pada masa kini, masih banyak orang Kristen yang mengabaikan pentingnya kerohanian anak.  Hal ini antara lain tercermin dari pandangan yang menganggap enteng pelayanan sekolah minggu. Apakah Anda dan gereja Anda telah memandang keperluan rohani anak sebagai hal yang amat penting? Ataukah Anda masih meremehkan pelayanan terhadap anak-anak?

Dewasa ini penting sekali untuk diperhatikan pelayanan terhadap anak-anak, apalagi dengan keadaan dan situasi zaman ini yang menawarkan berbagai games serta pengaruh yang lain untuk anak-anak, yang jika tidak disikapi dengan baik maka akan berdampak negaitf terhadap anak-anak.  Mengingat akan hal itu, maka orang tua khususnya, juga guru-guru di sekolah, termasuk guru-guru sekolah minggu harus memperhatikan pelayanan dan pembinaan yang lebih konkrit dan sungguh-sungguh untuk anak-anak.

 

Binalah anak-anak dengan baik supaya rohaninya makin bertumbuh dengan baik seiring pertumbuhan usianya!

Artikel oleh: February 27, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Luke (Renungan Alkitabiah dari Kitab Lukas)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda