Masih Ada Harapan

“Sebab sesungguhnya pada hari-hari itu dan pada waktu itu, apabila Aku memulihkan keadaan Yehuda dan Yerusalem…” (Yoel 3 : 1)

Masih Ada Harapan

Apa yang anda harapkan jika anda sedang mempunyai masalah yang begitu berat? Jawabannya pasti adalah harapan untuk mendapat pertolongan dari seseorang yang dapat menolong. Baik itu rekan maupun kerabat. Tetapi bagaimana jika yang anda harapkan menolong justru tidak peduli dengan anda? Pasti ada perasaan kecewa, marah dan menjadi permusuhan. Tapi apakah anda dalam kondisi seperti itu masih ingat Tuhan?

Bacaan dalam Yoel pasal 2 dan 3 sebenarnya adalah kondisi yang tidak menguntungkan untuk bangsa Israel. Mereka ditindas, diremukkan oleh lawan-lawan mereka. Kitab Yoel menggambarkan bahwa bangsa yang menindas mereka adalah bangsa yang kuat dengan kekuatan yang tiada tara, sebab giginya seperti singa dan taringnya seperti singa betina ( Yoel 1:6).В  Ditambah kondisi ekonomi mereka karena gagal panen. Pada waktu ada hama belalang dengan jenis yang berbeda-beda. Ada belalang pengerip, belalang pindahan, belalang pelompat dan akan dihabisi oleh belalang pelahap ( Yoel 1:4). Jika digambarkan maka sudah jatuh tertimpa tangga. Yang artinya sungguh malang apa yang dialami oleh bangsa pilihan ini.

Namun, dalam kondisi apapun, Tuhan tetap memberi pengharapan.  Secara manusia tidak mungkin kondisi ini akan dapat diatasi oleh bangsa pilihan, tetapi dibalik apapun yang kita alami masih ada pengharapan. Pengharapan itu adalah dimana Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya atas semua manusia. Roh Kuduslah yang membuat mereka bertahan sehingga kita dapat berkata “pencobaan yang kita alami tidak melebihi kekuatan kita” ( I Kor 10:13).   Apapun yang sedang kita dialami, Allah telah memberi kita Roh Kudus. Dengan pertolongan dari Roh Kudus, maka kita semakin mengerti rencana Tuhan dan juga mengalami kuasa Tuhan dalam hidup kita.

Sekarang bagaimana dengan kita, adalah kita sedang dalam berbagai masalah yang kita hadapi? Jika sedang dalam pergumulan, mari kita makin tekun mencari Tuhan. Karena kitab Yoel menegaskan bahwa yang mencari Tuhan akan diselamatkan (2:32).

 

Apapun kondisi yang kita hadapi, selalu ada harapan didalam Tuhan Yesus.

Artikel oleh: October 2, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Joel (Renungan Alkitab dari Kitab Yoel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda