Terbuai oleh Harta

Sungguh, sekarang mereka berkata “Kita tidak mempunyai raja lagi, sebab kita tidak takut kepada Tuhan” (Hosea 10 : 3)

 Terbuai Oleh Harta

          Ketika Israel dipilih dan dibuat oleh Tuhan sebagai pohon anggur yang luar biasa menghasilkan buahnya, mereka terbuai dalam kesombongan diri, sehingga melupakan Tuhan yang sudah membuat mereka berhasil seperti itu. Anugerah dan kekayaan yang dilimpahkan Tuhan kepada mereka, bukan membuat mereka mensyukuri dan memuliakan Tuhan, tapi malah membuat mereka melupakan dan tidak setia kepada Tuhan.

Akibatnya, tentulah penghukuman dari Tuhan, sebagai bentuk peringatan agar mereka sadar dan kembali kepada kehendak Tuhan. Hukuman yang dilakukan oleh Tuhan, sebenarnya dalam rangka menyadarkan mereka, bahwa mereka sangat tergantung dari Tuhan, bukan kepada baal dan berhal-berhala yang mereka sembah itu. Hukuman itu juga sekaligus pembuktian dari Tuhan, bahwa segala yang mereka peroleh, baik keberhasilan, harta dan kekayaan adalah berkat dari Tuhan yang harus mereka syukuri dan manfaatkan untuk kepentingan hidup dalam rangka kemuliaan bagi nama Tuhan.

Dalam situasi dan konteks kita di kekinian, barangkali masih ada penyembahan terhadap berhala, walaupun dalam bentuk yang berbeda. Ada yang mendewakan waktu, keberhasilan, harta dan kekayaannya, sehingga pun dapat melupakan Tuhan, dalam kehidupan sehari-harinya. Karena kesibukan dan mengejar target pekerjaan, bisa saja membuat kita lupa beribadah dan bersyukur kepada Tuhan. Karena harta dan kekayaan, bisa saja membuat kita angkuh dan melecehkan orang lain yang lemah dan susah. Dengan keberhasilan, pangkat dan jabatan, bisa saja membuat kita melakukan tindakan ketidakbenaran dan ketidakadilan dalam hidup ini.

Anugerah dan berkat yang kita terima dari Tuhan, seharusnya bukan membuat kita lupa kepada Tuhan, tetapi semakin menyadarkan kita untuk yakin, bahwa semua itu adalah dalam rangka untuk kemuliaan nama Tuhan. Keberhasilan, posisi dan jabatan yang baik, harta dan kekayaan adalah amanah dari Tuhan.

 

Harta dan keberhasilan itu bukan untuk didewakan, tetapi seharusnya kita manfaatkan sebaik-baiknya

untuk kemuliaan nama Tuhan.

Artikel oleh: September 25, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Hosea (Renungan Alkitab dari Kitab Hosea)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda