Menjaga Tubuh

“Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya” (Roma 11 : 36)

Menjaga Tubuh

          Ir. Handrawan Nadesul, dalam bukunya, Jurus Sehat Tanpa Ongkos, mengutip hasil penelitian seorang ahli kesehatan, dr. Robert Butler, yang mengatakan bahwa secara alamiah tubuh manusia dirancang untuk bertahan sampai usia 120 tahun. Salah satu bukti mutakhir adalah masyarakat di sepanjang Teluk Okinawa, Jepang.  Rata-rata penduduk di sana berusia di atas 100 tahun. Mereka tidak hanya panjang umur, tetapi juga sehat walafiat.

         Kalau saat ini banyak orang setelah melewati usia 60 sudah sakit-sakitan dan lemah fisik, salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat—makan serampangan, tidur sembarangan, malas berolahraga, dan kebiasaan buruk lainnya. Tubuh seperti mobil, kalau tidak dirawat baik-baik, bisa cepat bobrok sebelum waktunya. Kuncinya disiplin diri, tidak mengikuti kemalasan dan kenikmatan jasmani semata.

Paulus mengingatkan, bahwa segala sesuatu—tentunya termasuk tubuh kita—berasal dari Allah (Roma 11:36). Maka, baiklah kita mengembalikannya untuk kemuliaan Allah. Pada zaman Perjanjian Baru ada pemahaman di masyarakat umum ketika itu, bahwa tubuh manusia terbagi dua: tubuh rohaniah dan tubuh jasmaniah; tubuh rohaniah itu baik dan suci, sedang tubuh jasmaniah buruk dan jahat. Karena pemahaman demikian, maka melakukan bermacam dosa jasmani dianggap bukan masalah.

Paulus mengoreksi pemahaman keliru tersebut. Tubuh jasmani juga berasal dari Allah. Karena berasal dari Allah, tentu baik adanya. Jadi, perlulah kita menjaganya dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya; bahkan menjadikannya sebagai persembahan yang hidup kepada Allah (Roma 12:1).

 

Umur Anda memang ditangan Tuhan, namun Anda berperan memperpanjang atau memperpendeknya.

Artikel oleh: August 12, 2013   Kategori : Umum  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda