Sembahlah Tuhan!

Bacaan Alkitab: Yehezkiel 6 – 7

“Dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah Tuhan dan bukan cakap angin, kalau Aku berfirman hendak menjatuhkan malapetaka ini atas mereka.” (Yehezkiel 6 : 10)

Ezekiel's_vision

Perzinahan rohani adalah dosa terbesar yang dilakukan oleh bangsa Israel.  Apa yang dimaksud dengan perzinahan rohani?  Yaitu dosa penyembahan berhala!  Dosa tersebut berkali-kali mereka lakukan dan selalu muncul dalam sejarah Israel.  Dosa itulah yang membuat Allah sangat murka kepada umat-Nya.  Berkali-kali dengan angkuhnya mereka menolak kebaikan Allah serta mempersembahkan ibadah dan kesetiaan mereka kepada dewa-dewa lain.   Sungguh hati Allah sedih karena ketidaksetiaan umat-Nya.  Untuk itulah hukuman dan murka Allah dicurahkan-Nya.

Menjadi pertanyaan, mengapa penyembahan berhala begitu menarik bagi bangsa Israel? Ada beberapa factor penyebabnya:

  • Bangsa Israel dikelilingi oleh bangsa kafir yang percaya dan menyembah kepada dewa-dewa asing.  Jadi mereka terpengaruh dengan lingkungan dimana mereka berada.  Bukankah kitapun sering kali seperti umat Israel? Dimana kita pun mudah sekali terpengaruh dengan keadaan di sekitar kita? Allah mau kita membawa pengaruh yang baik bagi lingkungan kita, bukannya kita yang dipengaruhi.  Jadilah berkat bagi orang-orang yang ada di sekitarmu!
  • Para dewa bangsa-bangsa lain tidak menuntut ketaatan seperti yang diminta oleh Allah Israel. Misalnya, agama kafir mempunyai kebiasaan ritual yaitu mencakup perbuatan kedursilaan seksual dengan para pelacur kuil sebagai bagian dari upacara keagamaan.  Kebiasan ritual yang sesat ini sangat menarik bagi umat Israel.  Pada pihak lain, Allah sangat menuntut kesetiaan, ketaatan dan kesucian hidup sesuai dengan firman Tuhan.  Kebebasan  duniawi memang sangat menggiurkan tetapi ujungnya adalah maut dan kesengsaraan kekal.  Sebaliknya, ketaatan kepada Allah menghasilkan kebahagiaan abadi.
  • Karena roh jahat ada di dalam berhala, yang kadang-kadang menghasilkan hal-hal yang nyata dan mampu (sekalipun terbatas) menyalurkan keuntungan materi dan jasmani yang bersifat sementara.  Hal itulah yang sering menipu bangsa Israel bahkan menipu manusia sepanjang zaman, bahkan orang Kristen zaman ini sehingga gampang terperosok ke dalam jeratan iblis!

 

Jangan sia-siakan hidupmu dengan melakukan perkara yang sia-sia, termasuk di dalamnya: “penyembahan berhala”!

Artikel oleh: March 11, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Ezekiel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yehezkiel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda