Dalam Kelemahan

Bacaan Alkitab: 2 Korintus 12 – 13

“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahan lah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku” В  (2 Korintus 12 : 9).

В paul
Paulus menandingi kemegahan lahiriah para penentangnya, rasul-rasul palsu tersebut dengan pengalamannya sendiri, yakni penglihatan dan penyataan yang ia terima dari Allah sendiri. Dengan memakai istilah seorang Kristen tanpa menyebut nama, menunjukkan keseganan Paulus untuk menonjolkan diri sendiri. Peristiwa empatbelas tahun yang lampau bisa berarti peristiwa itu terjadi beberapa tahun setelah ia lari dari Damsyik. Penglihatan dan juga kata-kata yang tak terkatakan dan tak boleh diucapkan, merupakan pengalaman yang langka. Pengalaman tersebut bisa men jerumuskan Paulus dalam ketinggian hati, maka atas seijin Tuhan datang utusan iblis untuk menggocoh Paulus, ia diberi duri dalam dagingnya. Secara daging ia sampai tiga kali meminta kepada Tuhan supaya utusan iblis tersebut undur daripadanya, tapi itu ternyata adalah baik bagi Paulus, kasih karunia Allah lebih utama daripada kelemahan daging yang ia alami.

Duri dalam daging Paulus yang tidak diberi penjelasan menjadi lambang duri dalam daging setiap orang percaya, bukan bersifat atau dalam arti lahiriah, melainkan batiniah. Orang percaya harus belajar memahami bahwa kelemahan-kelemahan manusia dan kasih karunia Allah berjalan seiring bersama. Menyadari kelemahan adalah baik, tapi menjadikan hal itu sebagai alasan untuk bersembunyi atau menutupi dosa adalah hal yang tidak berkenan dihadapan Tuhan. Tapi jika kelemahan manusiawi kita dikuasai oleh Allah, maka kuasa dan kemuliaan Allah akan dinyatakan atasnya.

Kelemahan Allah ijinkan supaya kita menjadi rendah hati, tapi dalam menjalaninya Allah telah memberikan Roh-Nya untuk membantu kita.

Artikel oleh: March 6, 2013   Kategori : Bibical Devotion from 2 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda