Hidup Dalam Kesucian

Bacaan Alkitab: 2 Korintus 6 – 7

“Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyuci kan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah” В  (2 Korintus 7 :1).

lion

Dengan terus terang Paulus berbicara dan menasehati jemaat Korintus, dan ia berharap bahwa apa yang ia sampaikan itu beroleh tempat dihati jemaat, sebagai mana jemaat Korintus juga selalu ada dihatinya. Sekalipun jemaat Korintus telah mengenal kebenaran yang menyelamatkan, tapi latar belakang kota tersebut rawan untuk membuat mereka jatuh dalam ber bagai-bagai perbuatan dosa, salah satunya adalah dosa kekafiran. Celah untuk dosa kekafiran itu sendiri bisa melalui hubungan atau mencari pasangan yang tidak seimbang. Orang Korintus harus menyadari benar bahwa mereka adalah bait Allah yang hidup yang tidak boleh dicemari dengan berbagai-bagai noda kekafiran.

Sebagai bait Allah mereka memiliki janji-janji Allah yang luar biasa, mereka menjadi umat Allah, bahkan bukan hanya itu, mereka akan menjadi anak-anak lelaki dan perempuan Allah, dan Allah akan menjadi Bapa mereka. Untuk itu, tidak ada jalan lain selain dari memisahkan diri dari segala bentuk kenajisan dan kecemaran dan juga menyucikan diri dari semua pencemaran jasmani dan rohani.

Kehidupan kita setelah ditebus oleh darah Kristus, dan segala janji dari Allah yang menyertainya, bukanlah perkara ringan dan murahan, terlalu tinggi bahkan tidak mungkin dihargai secara materi oleh manusia. Hanya, inilah kehendak Allah untuk kita menghargai apa yang telah Ia anugerahkan, yakni menyucikan diri atau menjauhkan diri dari pencemaran jasmani dan rohani dan mengejar kekudusan hidup. Jadi, peliharalah hidup kita untuk selalu menyenangkan hati Tuhan. Janganlah memakai tubuh kita untuk melakukan segala kecemaran yang hanya mendukakan Tuhan.

Tuhan menghendaki kita hidup dalam kesucian sesuai dengan firman-Nya.

Artikel oleh: March 2, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 2 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda