Karakter Seperti Kristus

Bacaan Alkitab: 2 Korintus 3 – 5

“Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”   (2 Korintus 3:18b)

1 kor 13

Kehidupan ini tidak pernah terlepas dari proses yang dinamakan dengan perubahan: fisik orang berubah dari bayi, kanak-kanak, remaja, kemudian dewasa dan akhirnya menjadi tua; pohon pun tidak langsung besar dalam sekejap, semua berawal dari sebuah benih kecil yang dipupuk dan diairi sehingga mengalami pertumbuhan yang baik dan menjadi pohon besar yang akhirnya menghasilkan buah.  Begitu pula kita anak-anak Tuhan harus mau dipulihkan dan diubahkan supaya menjadi umat yang kudus dan berkenan kepada Allah. Maka dari itu Dia hendak menyatakan sifat dan karakterNya di dalam dan melalui kehidupan kita. Kunci untuk mengalami perubahan adalah mengizinkan Dia bekerja atas hidup kita sepenuhnya, walau pun mungkin perubahan itu sangat menyakitkan daging kita.

Perubahan atau restorasi itu harus dimulai dari dalam diri kita yaitu ketika pikiran kita berubah menjadi tidak sama seperti dunia lagi, melainkan disesuaikan dengan firman Tuhan dalam segala hal. Bila pola pikir kita berubah, itulah yang dinamakan pertobatan sejati, karena bertobat artinya perubahan pikiran (‘metanoia’). Dalam hai ini rasul Paulus menasihatkan, “Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.” (Efesus 4:17-18).

Jadi bertobat bukan hanya sekedar berubah secara emosional, di mana kita menangis seduh dan menyesal karena dosa-dosa kita, melainkan proses perubahan dari ‘dalam’ menuju luar. Apabila kehidupan kita berubah dan karakter Ilahi ada di dalam kita, maka kita akan menjadi serupa dengan gambar-Nya.

Hidup orang Kristen ‘dewasa rohani’ pasti berubah dan berkarakter seperti Kristus!

Artikel oleh: March 1, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 2 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda