Rawatlah Tubuh Rohani!

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 15

“Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mewarisi Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mewarisi apa yang tidak binasa” (1 Korintus 15:50)

spirituality

Beberapa tahun terakhir ini, banyak orang yang menjadi begitu tertarik dengan berbagai isu seputar perawatan tubuh. Baik itu seputar makanan sehat, perawatan kulit, pembentukan tubuh, dan sebagainya. Hal ini tampak melalui fenomena digemarinya acara-acara konsultasi kesehatan dan tempat-tempat perawatan tubuh. Juga tampak dari besarnya dana yang ditanamkan untuk meneliti mengenai berbagai aspek kesehatan manusia. Secara singkat, begitu banyak sumber daya yang dihabiskan untuk hal- hal tersebut. Tak heran ada yang sampai berkomentar bahwa perawatan tubuh adalah agama baru zaman ini.

Di satu sisi kita tahu bahwa tubuh ini memang harus dirawat sebagai pemberian Tuhan yang berharga. Tetapi di sisi lain, kita tahu bahwa tubuh kita yang sekarang ini sifatnya sangat sementara. Suatu saat tubuh ini akan menua dan mati. Baru kelak di akhir zaman, setelah kita dibangkitkan, kita diberi tubuh baru yang kekal seperti yang Rasul Paulus jelaskan di perikop Alkitab ini. Dari pemahaman ini, Paulus kemudian memberi nasihat untuk kita lebih serius mempersiapkan tubuh kekal kita tersebut daripada mengurusi tubuh sementara kita saat ini. Caranya adalah dengan teguh berdiri dan setia melakukan pekerjaan Tuhan.

Karena itu, meskipun merawat tubuh memang penting, hal itu tidak boleh dijadikan tujuan hidup kita. Perawatan tersebut seharusnya dilakukan justru dengan tujuan supaya kita bisa memenuhi tujuan hidup kita dengan lebih baik. Yaitu, untuk mengerjakan tugas-tugas kita dan melayani Sang Pemberi tubuh kita dengan maksimal.

Terlebih penting merawat tubuh rohani daripada tubuh jasmani. Karena tubuh jasmani itu bersifat sementara, tapi tubuh rohani itu kekal.

Artikel oleh: February 27, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda