Yang Utama Adalah Kasih

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 13

“Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing” (1 Korintus 13 : 1)

love in commmunity

Pemaknaan kasih sering tidak sesuai dengan maksud sesungguhnya seperti yang Alkitab ajarkan. Kasih sering dimaknai untuk kepentingan kita sendiri, kasih karena mendapat imbalan. Kasih juga kadang berarti meniadakan disiplin dengan memanjakan anak untuk berbuat apa saja sesukanya.В  Kasih Tuhan adalah kasih untuk kesejahteraan manusia, bukan untuk kesejahteraan Tuhan yang mengasihi.

Mari kita melihat apa yang Tuhan ajarkan dalam firman-Nya tentang kasih; suatu cara hidup orang percaya, cara hidup bagi orang-orang yang telah diperbarui dalam kasih Yesus Kristus.
Kasih adalah unsur utama (ayat 1-3). Mungkin kita berpikir bahwa orang Kristen yang ideal adalah seseorang yang hebat dalam berkhotbah, atau yang memiliki iman dan doa yang luar biasa, atau yang memberikan persembahan yang besar. Paulus mengatakan bahwa walaupun semua tadi adalah baik, namun tanpa kasih, tidak ada artinya.
Kasih mencerminkan kehidupan Kristus (ayat 4-7). Sifat-sifat dalam ayat ini mencirikan kekhasan yang ada dalam kehidupan Kristus. Inilah kasih yang harus kita nyatakan sebagai orang-orang Kristen.
Kasih itu permanen (ayat 8-10). Karunia yang dicari oleh manusia seperti nubuat, bahasa lidah dan pengetahuan hanyalah sementara sifatnya. Semua karunia itu tidak lengkap dan akan berlalu. Namun kasih itu permanen dan sempurna.
Kasih adalah bukti kedewasaan (ayat 11-13). Sudah berapa lama kita menjadi orang Kristen?В В  Sejauh mana kita telah berkembang dalam hal kasih? Bukti kedewasaan kita dalam Kristus adalah kasih.

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Artikel oleh: February 25, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda