Jangan Sepelehkan Perjamuan Kudus!

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 11

“Jadi, siapa saja dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, Ia berdosa terhadap tubuh Dan darah Tuhan” (1 Korintus 11:27)

perjamuan kudus 4

Apakah sakramen Perjamuan Kudus tidak memiliki makna apa-apa dalam hidup kita?В  Jika kita berkata seperti itu, maka sesungguhnya kita telah keliru memahaminya. Bahkan, kita tidak menyadari arti dari pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Dengan demikian, banyak diantara kita yang tidak menghargai ataupun menghormati Perjamuan Kudus yang kita laksanakan. Kita hanya menganggapnya rutinitas atau sekedar ceremonial dalam sebuah ibadah Kristen.

Seperti juga yang terjadi pada jemaat Korintus zaman dahulu. Karena mengikuti keinginan diri sendiri dan ceroboh terhadap roti dan anggur pada Perjamuan Kudus, beberapa anggota gereja mengalami masalah besar. Kegagalan mereka dalam menghormati kekudusan Perjamuan Kudus itu telah melecehkan kenangan akan pengurbanan Kristus. Banyak orang percaya yang membayar kesalahan mereka dengan menjadi sakit atau kehilangan nyawanya (1 Korintus 11:30).В  Paulus meminta jemaat Korintus untuk menguji diri mereka sendiri agar tidak diuji oleh orang lain (ayat 28, 31). Bahkan Ia menegaskan bahwa hukuman dari Tuhan diberikan untuk kebaikan mereka sendiri (ayat 32).

Perjamuan Kudus masih akan tetap menjadi suatu kesempatan atau bahaya, sampai Yesus datang kembali (ayat 26). Melalui sikap hati, kita dapat menghormati Dia atau sebaliknya merusak nama-Nya.В В  Sebelum kita merayakan Perjamuan Kudus, alangkah baiknya jika menguji diri kita sambil berdoa terlebih dahulu. Kemudian dengan hati yang penuh syukur, renungkanlah pengurbanan-Nya bagi diri kita.

Hanya mereka yang benar-benar merasa berdosa dapat mengenang salib Kristus dengan penuh syukur.

Artikel oleh: February 22, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda