Menguasai Diri Dalam Segala Hal

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 9: 1 – 27

“Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal.В  Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.”В  (1 Korintus 9 : 25)

perjamuan kudus 5

Sebuah kapal feri Finlandia kandas saat kaptennya terkunci di toilet. Salah seorang awak berusaha memperlambat laju kapal pengantar penumpang antar pulau tersebut, tetapi feri itu tetap menabrak batu karang di dekat pantai Helsinki,В  Finlandia. Kapten kapal terjebak karena kunci pintu toilet macet. Dia tidak bisa membuka. Dia telah berteriak minta tolong, tapi ketika anggota staf berhasil membuka pintu, hal itu sudah sangat terlambat. Kapal sudah kandas.

Orang yang tidak bisa menguasai diri seperti kapal yang tidak berkapten. Arah hidupnya melaju tanpa arah, hingga akhirnya terhenti setelah kandas. Paulus memakai perumpamaan atlet dalam menerangkan penguasaan diri. Seorang atlet berlatih keras untuk mengendalikan anggota tubuhnya. Pada saat pertandingan tiba, atlet mengatur dan mengkoordinasikan anggota-anggota tubuhnya. Kaki diperintahkan berlari, mata diperintahkan melihat waspada, tangan diperintahkan bergerak dengan cepat, paru-paru diperintahkan untuk memompa oksigen sebanyak-banyaknya, dan sebagainya. Atlet yang mampu mengendalikan anggota tubuhnya dengan baik niscaya akan memenangkan pertandingan.

Kerohanian kita itu mirip dengan pertandingan olahraga. Kita harus selalu melatih diri supaya bisa mengendalikan tubuh, jiwa dan roh. Orang yang bisa mengendalikan diri mampu berpikir jernih ketika terjadi masalah. Perhatiannya tidak mudah teralihkan dari godaan-godaan yang bisa membuat hidupnya melenceng dari tujuan.

Jika ingin hidup berkemenangan, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu: “kendalikan dirimu!”

Artikel oleh: February 20, 2013   Kategori : Bibical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda