Jangan Ada Perpecahan!

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 3: 1 – 9

“Karena kamu masih manusia duniawi.  Sebab, jika diantara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?” (1 Korintus 3 : 3)

prayercircle

Adanya benih-benih perpecahan dalam jemaat Korintus yang disebabkan oleh adanya perselisihan tentang siapa yang lebih penting dari beberapa tokoh iman pada waktu itu, membuktikan bahwa mereka masih manusia duniawi yang belum dewasa. Itu membuktikan bahwa jemaat Korintus belum berhasil bertumbuh secara rohani, mereka masih bayi rohani yang memerlukan susu, yakni ajaran dasar dari iman mereka. Sekalipun mereka sudah menjadi orang percaya mereka masih manusia duniawi  artinya hidupnya masih dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu.

Perbedaaan cara dalam pelayanan yang menjadi pemicu adanya perselisihan bukanlah hal yang harus menjadi penyebabnya, karena Allah sendiri yang telah menetapkan bagaimana seorang hamba-Nya untuk melayani, ada yang menanam dan ada yang menyiram, namun mereka tetaplah kawan sekerja, mereka adalah satu. Dan Allah sendiri yang akan memberikan kepada mereka upah sesuai pekerjaan masing-masing.

Demikian juga bagi kita, tidak perlu kita mempertentangkan perbedaaan-perbedaaan cara melayani, yang penting adalah melakukan pekerjaan yang harus dikerjakan. Tinggalkan pikiran kanak-kanak dan duniawi yang mempertentangkan perbedaan dan menimbulkan perselisihan.  Dewasalah secara rohani yang memiliki pandangan sekalipun berbeda tetapi tetap satu dalam Tuhan. Perselisihan adalah perbuatan daging yang menunjukkan seorang belumlah dewasa secara rohani, tanggalkanlah itu dan kenakanlah kasih sebagai pengikat yang mempersatukan (Kolose 3:12-14).

Jauhkan perselisihan yang hanya menyebabkan keretakan dan membawa pada perceraian!

Artikel oleh: February 12, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda