Terimalah Roh Kudus!

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 2: 6 – 16

“Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.”

(1 Korintus 2:12)

holy spirit

Roh Kudus mutlak dimiliki setiap orang yang menyebut dirinya Kristen, karena Tuhan sudah mengaruniakan Roh Kudus dan mencurahkanNya di hari Pentakosta, dan sejak itu Roh Kudus ada di tengah-tengah orang percaya. Tuhan sudah memberikan-Nya, kita tinggal menerima karunia itu. Semua orang yang diselamatkan karena percaya pada Yesus, tanpa kecuali, dapat menerima karenua tersebut seperti kata rasul Petrus, “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” (Kisah 2:38).

Begitu pentingkah Roh Kudus bagi kehidupan orang percaya?
Contohnya raja Daud; sebagai raja ia punya segalanya yakni: harta kekayaan, kekuasaan, tentara yang kuat dan lain-lain. Secara manusiawi tidak ada yang perlu dikuatirkan, semuanya tersedia. Namun di balik semuanya itu, dia tahu mana yang utama bagi kehidupannya. Dalam Mazmur 51:13, Daud memohon kepada Tuhan, “Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!”. Daud sadar bahwa ia sangat membutuhkan roh Tuhan. Tanpa RohNya ia tidak dapat berbuat apa-apa, sebaliknya kegagalan akan menimpanya. Kita pun sesungguhnya memerlukan Roh Kudus, Banyak orang di luar Tuhan berkata, “Apa itu Roh Kudus?” Lalu mereka menertawakan. Memang, “…manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.” (1 Korintus 2:14).

Roh Kudus membebaskan kita dari ikatan dosa. Tanpa Roh Kudus kita tak sanggup membebaskan diri dari dosa. Tanpa Roh Kudus kita tak sanggup membebaskan diri dari dosa. Yang terjadi hanyalah rasa menyesal, lalu kita minta ampun kepada Tuhan, tapi setelah itu kita kembali lagi melakukan dosa yang sama. Ada tertulis “Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” (Roma 8:2). Dan bersama Roh Kudus kita memiliki kuasa untuk tidak lagi hidup menurut daging, melainkan dalam Roh (Galatia 5:16).

Roh Kudus sanggup melepaskan segala ikatan dosa yang membelenggu.

Artikel oleh: February 11, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda