Ingat Janji Tuhan!

Bacaan Alkitab: Keluaran 23 – 24

“Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: “Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan” (Keluaran 24:7).

 

Lewat ayat bacaan terlebih ayat yang ke –7 kita sedang diingatkan Tuhan, bahwa kita ini adalah umat yang hidup di dalam perjanjian-Nya. Perjanjian itu tidak ada satu pun yang merugikan, semuanya menguntungkan umat-Nya dan memuliakan nama-Nya. Namun seberapa banyak orang yang kadang menganggap sepi perjanjian-Nya, atau tahu tetapi mengabaikannya. Sehingga tidak heran kalau hidup kita sering kali lebih banyak diwarnai dengan putus asa, amarah, ambisi pribadi, dan lain-lain.

Kata-kata firman sering dijadikan hiasan dinding dan pemanis meja belajar tetapi tidak satupun yang di amin-kannya. Tetapi hari ini kita sedang diingatkan Tuhan untuk terus menerus mengingat janji Tuhan. Karenanya mengapa Musa saat itu mengambil kitab Pejanjian dan membacakannya keras-keras kepada umat Israel.В  “Dibaca”, artinya diucapkan secara verbal, ini sangat penting sekali, Allah mau setiap orang percaya setiap hari tekun membaca Alktiab, jika perlu ayat renungannya dibaca secara berulang-ulang sampai di mengerti dan di pahami. Saudara kekasih Tuhan, bagaimana saat teduh kita? Apakah kita menyediakan waktu khusus untuk membaca firman-Nya?

Berikutnya selain dibaca firman itu juga harus “didengar”, artinya di dengar secara aktif. Mendengar aktif itu artinya memperhatikan, meneliti dan berusaha memahami pesan dan janji Tuhan, kalau perlu dihafalkan. Dan selanjutnya firman itu juga harus dilakukan. Saat itu umat Israel mengambil komitmen dengan berkata secara serempak: “Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan” (Keluaran 24:7).

Inilah yang harus kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga kita dapat mengingat janji Tuhan. Mengapa mengingat janji itu sangat penting?В  Sebab dengan mengingat perjanjian kita akan dituntun untuk hidup kudus, memiliki hubungan yang harmonis dengan Allah, mengerti suara Tuhan, mengerti rencana Tuhan, dan mengerti kehendak Tuhan, sehingga hidup kita diberkati Tuhan.

Yang tidak kalah penting ketika kita mengingat janji-Nya ialah bahwa iman kita diteguhkan dan dikuatkan!

Artikel oleh: January 28, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Exodus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Keluaran)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda