Waspada Senantiasa!

Bacaan Alkitab: Matius 4

“Enyahlah, iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” (Matius 4 : 10)

jesus-is-coming-last-days

Singa laut barangkali adalah binatang yang paling malas di dunia.  Dia suka sekali berjemur di bawah sinar matahari seharian penuh.  Kalau pun dia bergerak, nampak begitu kaku dan lamban.  Akan tetapi, tahukah saudara apa makanan kesukaannya?  Burung belibis!  Banyak yang tidak dapat langsung mempercayainya karena burung belibis sangatlah lincah, sehingga penembak jitu pun kesulitan untuk menjatuhkannya.

Bagaimana singa laut dapat menyantap mangsanya?  Rupanya dia sadar badannya terlalu besar untuk dapat merangkak tanpa diketahui ketika belibis itu bermain di pantai.  Itulah sebabnya mereka menanti dengan sabar sampai belibis-belibis itu melayang-layang di atas permukaan air.   Singa laut terjun ke pantai dan menyelam mendekati kumpulan belibis tersebut.  Pada jarak tertentu, mereka perlahan-lahan naik ke atas permukaan laut secara sangat hati-hati, sehingga hanya hidung mereka saja yang ke luar dari permukaan air.

Sambil bergerak mendekat, segenap tubuh mereka di bawah permukaan berputar-putar sehingga hidung mereka membentuk lingkaran-lingkaran kecil di atas permukaan.  Dia melakukannya dengan sangat konsisten dan trampil sampai belibis-belibis laut itu mengira hidung mereka sebagai serangga yang sedang bermain-main.  Belibis yang lapar pun terbang lebih tinggi, lalu dengan mata yg terarah kepada ‘serangga’ yg diincarnya, mereka menukik secepat anak panah untuk menyantap ‘mangsanya’.  Akan tetapi, apa yg kemudian terjadi?  Singa laut membalikkan badannya sambil menyelam sedikit lebih dalam dan membuka mulutnya lebar-lebar.  Belibis itu melesat masuk dan hilang lenyap . . . di bawah katupan taring tajam sang singa laut.

Iblis itu seperti singa laut yang sangat licik dan terus menyodorkan pencobaan kepada Yesus—terlebih lagi kepada kita.  Sedemikian liciknya Iblis itu, sehingga pencobaan dapat ditampilkan seperti sebuah permainan.  Waspadalah saudara-saudariku, jangan tertipu permainan mata, permainan uang, permainan kekuasaan karena semuanya itu dapat membinasakan kita !

Waspadalah atas setiap pencobaan Iblis, terutama pencobaan yang ditampilkan sebagai sebuah permainan, karena seringkali jauh lebih membinasakan.

Artikel oleh: December 10, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Matthew (Renungan Alkitabiah dari Injil Matius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda