Besar Kasih Setia-Nya

Bacaan Alkitab: Mazmur 136 – 138

“Bersyukurlah kepada Allah semesta langit! Bahwasanya untuk selamanya kasih setia-Nya!” (Mazmur 136 : 26)

Mazmur 136 merupakan pujian kepada Allah Israel yang hidup dan penuh kasih setia. Dialah satu-satunya Allah yang berkuasa, yang telah menciptakan dunia dimana Israel hidup. Allah itulah yang telah membuat Israel menjadi sebuah bangsa dengan memberinya tanah dan memberkati tanah itu sehingga mendatangkan hasil dan menjadikan mereka umat yang dikasihi-Nya. Allah yang sama itulah yang selalu memerdekakan mereka dari musuh-musuh yang mereka hadapi. Kitapun tentunya mengalami banyak pertolongan dan kebaikan-Nya. Kasih setia Allah itulah sebagai dasar dari semua tindakan Allah demi kepentingan kita dan sumber dari segala ucapan syukur kita. Kasih setia Allah meliputi kesetiaan dan kebaikan-Nya yang dilimpahkan-Nya atas kita, umat yang percaya pada-Nya.

Mazmur 137 dapat dikatakan mazmur atau nyanyian ratapan. Diawali dengan kalimat “Di tepi sungai-sungai Babel, disanalah kita duduk sambil menangis”.В  Ratapan ini dinyanyikan oleh umat Israel ketika mereka berada di Babel selama masa pembuangan pada abad ke 6 SM. Ketika orang Babel merebut Yerusalem pada th 586 SM dan salah satu kekejaman mereka adalah mengambil bayi-bayi yang tak berdaya dari ibunya serta membantingnya ke tembok. Umat Israel melaksanakan liturgy ratapan karena penderitaan berat yang mereka rasakan. Kecapi untuk nyanyian gembira digantungkan tanpa digunakan.В  Begitupun dengan kita, ada saat-saat tertentu dimana kita pun menyanyikan nyanyian ratapan seperti itu. Bukan karena kita berada di pembuangan seperti Israel, tetapi karena kita merasa seakan-akan berada pada “masa pembuangan” itu. “Pembuangan” itu bisa berarti kita ada dalam kondisi atau keadaan yang sedang ditimpa dengan kesulitan yang seakan tanpa jalan keluar lagi atau kita sengsara karena penyakit fisik yang kita alami dan tidak sembuh-sembuh, ataupun masalah ekonomi yang berat, dan lain-lain.В  Tetapi, diatas semua penderitaan itu, kita pun perlu selalu menaikkan nyanyian atau pujian kepada Allah. Sekalipun pujian itu berupa nyanyian ratapan kepada Tuhan.В  Memuji Tuhan bukan hanya dianjurkan pada saat kita senang dan bahagia, tetapi dalam keadaan sulit pun kita harus selalu memuji Tuhan.

Mazmur 138 merupakan mazmur ucapan syukur. Mengucap syukur karena Allah telah mendengarkan seruan umat-Nya yang tertindas. Allah telah bertindak karena kasih setia-Nya. Selain itu, mazmur ini pun merupakan mazmur keyakinan akan kasih setia Allah, bahwa Allah akan selalu ada pada saat-saat bahaya untuk melanjutkan perlindungan-Nya yang kekal.

Hanya satu alasan untuk kita untuk memuji Tuhan yaitu karena kasih setia Allah yang besar dan tiada berakhir atas kita.

Artikel oleh: November 28, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda