Pujilah Tuhan

Bacaan Alkitab: Mazmur 134 – 135

“Angkatlah tanganmu ke tempat kudus dan pujilah Tuhan!” (Mazmur 134 : 2)

Kedua Mazmur ini mengemukakan tentang hal memuji Tuhan.  Memang, Firman Tuhan menyatakan bahwa puji-pujian dalam kehidupan orang percaya adalah indah, penting dan berkenan kepada Allah. Akan tetapi, kadang-kadang kita kurang menginsafi bahwa puji-pujian itu merupakan suatu perjanjian, suatu persetujuan—bukan perjanjian yang dibuat oleh manusia dengan Allah, melainkan perjanjian yang dibuat oleh Allah dengan manusia. Yakinlah bahwa pada waktu kita memuji Dia, Ia menghampiri kita. Mungkin kita bertanya, apakah alasan sebenarnya kita menaikkan pujian? Patutkah saya memuji Tuhan agar mendapat sesuatu dari Dia.

Mazmur 135 merupakan ibadah pujian dan penyembahan kepada Tuhan. Didahului dengan seruan: “Pujilah nama Tuhan”. Dalam mazmur ini, panggilan untuk memuji Allah itu dilandaskan pada tiga hal, yakni:

  1. Karena Allah itu baik. Buktinya bagi Israel adalah Ia telah membawa Israel memasuki hubungan perjanjian yang menyelamatkan dengan diri-Nya (ay 1-4)
  2. Allah itu Maha Besar. Ia adalah Allah yang hidup, yang aktif di dalam segala peristiwa-peristiwa dunia dan umat-Nya (ay 5-13)
  3. Allah itu dekat dengan umat-Nya dan penuh belas kasihan kepada mereka yang melayani-Nya (ay 14).

Menyadari akan kebaikan Allah, kedashyatan atau kebesaran-Nya serta kepedulian-Nya kepada umat Tuhan termasuk orang percaya masa kini, maka sudah sepatutnya kita datang kepada-Nya dan memuji-muji Tuhan.  Ketika kita memuji Tuhan, itu bukan demi Dia, bukan untuk kepentingan-Nya. Pujian kita tidak akan mengurangi ataupun menambahi kehebatan kuasa-Nya dan kemasyuran nama-Nya. Namun Dia tahu kita perlu memuji Dia semata-mata untuk kebaikan kita.

Kita belum dapat mempunyai hubungan yang baik dengan Tuhan, sampai kita menjadi pemuji yang sungguh.  Tanpa pujian kepada-Nya, rohani kita tidak akan bertumbuh dengan baik.

Artikel oleh: November 27, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda