Tetap Percaya

Bacaan Alkitab: Mazmur 115

“Hai orang-orang yang takut akan  Tuhan, percayalah kepada Tuhan! – Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka”. (Maz 115 : 11)

 

Mazmur ini dimulai dengan kalimat :“Bukan kepada kami, ya Tuhan, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setiaMu!”  Merupakan suatu kesadaran dari pemazmur bahwa memang hanya Allah yang layak untuk menerima kemuliaan, hormat dan kuasa.  Mazmur ini mungkin saja suatu liturgi ibadah yang dilakukan oleh bangsa Israel ditengah penderitaan dan tekanan yang mereka alami  menghadapi perlawanan dari musuh-musuh mereka.  Walaupun musuh-musuh berkata : “Dimana Allahmu?”, tetapi umat Israel tetap percaya kepada Allah dan dengan  tegas umat menjawab dengan sebuah doa, untuk mempertahankan nama ilahi: “Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya!”

Berbeda sekali dengan berhala-berhala yang disembah oleh bangsa-bangsa kafir sebagai allah mereka, ‘mempunyai mulut tetapi tidak bisa berkata-kata, mempunyai telinga tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung tetapi tidak dapat mencium, mempunyai tangan tetapi tidak bisa meraba, mempunyai kaki tetapi tidak dapat berjalan’. Tidak ada kuasa dan kemampuan apapun di dalam allah yang disembah oleh bangsa kafir. Karena yang mereka sembah bukan Allah melainkan berhala buatan tangan manusia. Sangat berbeda dengan Allah yang disembah oleh umat Israel, yakni Allah yang hidup dan berkuasa!

Kehidupan yang kita jalani setiap hari tidak selamanya baik dan mulus. Terkadang, kita mengalami masa dimana kita merasa bahwa Allah seolah-olah tidak ada atau jauh dari kita. Dalam keadaan seperti itu maka iblis akan semakin gencar menggoda kita untuk meninggalkan iman kita. Iblis akan menaruh keragu-raguan dalam hati kita terhadap janji-janji Allah dalam Firman-Nya.  Sehingga yang terjadi adalah kita mulai tawar hati, kuatir, kurang percaya kepada Tuhan dan mulai mencari pertolongan dengan cara kita sendiri.  Apakah dengan mengambil langkah seperti itu kita berbahagia?  Sama sekali tidak!  Karena, hanya dengan sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, kita menerima berkat pertolongan dan perlindungan-Nya. Sebab Dialah yang layak menerima kemuliaan.

Janganlah takut sekalipun Anda menghadapi masalah yang berat, sebab asalkan Anda tetap percaya, maka Allah pasti akan mengulurkan tangan-Nya untuk menolongmu!

Artikel oleh: November 15, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda