Sesuai KeadilanNya

Bacaan Alkitab: Yosua 19

“Demikianlah diselesaikan mereka pembagian negeri itu” (Yosua 19 : 51b)

Banyak orang memiliki sifat yang tidak pernah puas dengan berkat-berkat yang diterimanya. Ia akan berusaha untuk mendapatkan berkat yang lebih besar dan banyak. Bahkan, ia tidak rela bila orang lain mendapatkan berkat yang lebih dari yang ia dapat. Dan yang lebih parah lagi, jika demi mendapatkan berkat materi itu, seseorang rela menjual harga dirinya, ataupun berbuat hal yang jahat seperti: korupsi, pemerasan dan kejahatan yang lainnya.

Kita bersyukur memiliki Allah yang sangat adil dalam segala hal. Termasuk dalam pembagian wilayah bagi umatNya. Setelah bangsa Israel melakukan pertempuran demi pertempuran, kini mereka mendapatkan bagiannya. Mereka memiliki tanah perjanjian dari Allah. Mereka mendapatkan pembagian tanah bukan menurut keinginan mereka sendiri, tetapi menurut kehendak Tuhan. Suku Simeon mendapat tempat di tengah-tengah milik pusaka bani Yehuda (9). Memang milik Yehuda lebih luas daripada milik suku Simeon. Namun, di balik semua itu ada maksud dan rencana Tuhan terhadap mereka. Kelak suku Simeon tetap berkembang dengan cara mengalahkan orang Amalek dan menduduki daerah Amalek (1Taw. 4:24-43). Demikian pula dengan suku Zebulon dan Isakhar juga telah menerima milik pusaka yang ditetapkan oleh Tuhan. Suku-suku tersebut rela menerima pembagian dari Tuhan.

Apa yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik di mata Tuhan, demikian pula sebaliknya. Seringkali kita menganggap diri paling tahu apa yang kita butuhkan. Dan kita mengharapkan Tuhan akan memberikan hal tersebut. Kita tidak mencari kehendak Tuhan, apa yang Dia anggap terbaik untuk kita. Sehingga, ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita harapkan, kita merasa Tuhan tidak mengasihi kita atau telah memperlakukan kita tidak adil.

Mari kita belajar meneladani suku-suku Israel yang menerima pembagian milik pusaka mereka dengan sukacita dan tidak mencari jalan lain yang bertentangan dengan ajaran Tuhan demi sesuatu yang bersifat kefanaan.  Seperti mereka, kita juga percaya bahwa Tuhan tahu apa yang paling kita butuhkan.

Yakinilah bahwa Tuhan pasti akan memberikan kepada kita sesuai dengan keadilan-Nya.

Artikel oleh: November 1, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Joshua (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yosua)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda