Harus Yang Seiman

Bacaan Alkitab: Nehemia 13

“Jangan sekali-kali kamu serahkan anak-anak perempuanmu kepada anak-anak lelaki mereka, atau mengambil anak-anak perempuan mereka sebagai isteri untuk anak-anak lelakimu atau untuk dirimu sendiri!” (Nehemia 13 : 25)

Semasa kuliah, Maria dikenal sebagai seorang aktivis yang mencintai Tuhan dan dikagumi oleh teman-teman serta adik-adik kelasnya. Hanya saja ada satu ganjalan dalam kesaksian hidupnya, yaitu kekasihnya adalah seorang yang tidak seiman. Sudah banyak yang berusaha menasihatinya untuk meninjau ulang hubungannya ini. Namun, ia terus menjalin hubungan hingga akhirnya menikah. Kini Maria sudah tidak lagi ke gereja, dan teman-temannya tidak tahu lagi bagaimana kabarnya.

Kisah Maria ini hanya satu dari sekian banyak kisah serupa tentang bagaimana memilih pasangan yang keliru membuat iman seseorang undur. Sebab itu, Alkitab berulang-ulang mengatakan dengan jelas bahwa kita mesti memilih pasangan yang seiman.  Renungan dari ayat  ini adalah salah satunya.

Di situ Nehemia menegur keras bangsa Israel karena melakukan kawin campur dengan bangsa-bangsa lain yang tidak seiman. Ia mengingatkan bahwa karena tindakan serupa, Raja Salomo pun, yang sebetulnya adalah seorang raja yang berhikmat dan diberkati luar biasa, akhirnya meninggalkan Allah dan jatuh ke dalam penyembahan berhala.

Ada banyak alasan seseorang memilih pasangan yang tidak seiman. Mungkin karena dibutakan oleh perasaan, takut tidak mendapat pasangan hidup, berpikir bahwa si dia akan berubah menjadi percaya, dibutakan oleh harta, dan sebagainya.  Namun, iman kita terlalu berharga untuk dipertaruhkan demi sebuah hubungan yang sangat mungkin membuat kita jauh dari Tuhan. Lebih baik kita menunggu sampai ada calon lain yang seiman, yang akan menemani kita menjalani hidup dan membangun keluarga yang setia mencintai dan melayani Tuhan. Biarlah Yesus yang menjadi Tuhan atas semua anggota keluarga di rumah kita.

Jangan sekali-kali berkompromi dalam menjadi hubungan, khususnya  dalam hal iman atau keyakinan.
Pilihlah yang seiman!

Artikel oleh: September 5, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Nehemiah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Nehemia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda