Ketika Ancaman Datang!

Bacaan Alkitab: Nehemia 6

Karena mereka semua mau menakut-nakutkan kami, pikirnya: “Mereka akan membiarkan pekerjaan itu, sehingga tidak dapat diselesaikan.” (Nehemia 6 : 9)

”Mau beribadah saja susah! Sepertinya di negeri ini lebih mudah orang mendirikan diskotik ketimbang meminta izin untuk membangun gereja!” keluh seorang teman seiman yang gerejanya terus-menerus di demo oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan organisasi keagamaan tertentu. Anggota jemaat mengalami ketakutan. Teror membuat ibadah tidak nyaman.

Ada banyak reaksi ketika seseorang mendapat ancaman. Ada yang takut lalu menuruti saja tuntutan orang yang menerornya. Ada yang membalas ancaman dengan ancaman. Ada juga yang tidak mau perduli. Bagaimana sebaiknya sikap kita, ketika kita mendapatkan ancaman? Lihatlah cara Nehemia menghadapi ancaman! Ketika bangsanya kembali dari pembuangan di Babel, Nehemia merencanakan pembangunan tembok Yerusalem. Namun, usahanya dihambat oleh Tobia, Sanbalat, dan Gesyem. Empat kali mereka merencanakan untuk mencelakakan Nehemia. Nehemia diteror! Namun, tampaknya terror itu tidak mempan. Lalu mereka mencoba lagi dengan menyebarkan berita bohong. Maksud semuanya itu agar pembangunan tembok Yerusalem gagal.

Apa yang dilakukan Nehemia dalam menghadapi terror ini? Ayat 9 mengatakan bahwa Nehemia tetap berusaha sekuat tenaga. Di ayat 14, Nehemia mengadukan masalahnya dalam doa kepada Tuhan. Rupanya kunci keberhasilan Nehemia dalam menangkis terror adalah dengan bekerja keras dan berdoa.  Nehemia berpegang teguh kepada perintah Tuhan!  Sampai akhirnya pembangunan tembok Yerusalem yang dipercayakan kepadanya selesai!!   (ay 15).

Betapa indah kesaksian Nehemia,

“Ketika semua musuh kami mendengar hal itu, takutlah semua bangsa sekeliling kami.  Mereka sangat kehilangan muka dan menjadi sadar, bahwa pekerjaan itu dilaksanakan dengan bantuan Allah kami” (ay 16).

Apa yang Anda lakukan ketika diancam?  Hadapi ancaman dengan doa dan kesungguhan kerja.

Artikel oleh: August 30, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Nehemiah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Nehemia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda