Berkorban Bagi Allah

Bacaan Alkitab: Nehemia 5

“Demikianlah setiap orang yang tidak menepati janji ini akan dikebas Allah dari rumahnya dan hasil jerih payahnya”. (Nehemia 5 : 13)

Dr. Hans Selve dari Montreal mengungkapkan di dalam buku Stress Without Distress, “Satu dosis kuat dari semangat untuk mementingkan diri sendiri adalah cara terbaik untuk membangun masyarakat yang lebih bahagia, dan waras”.  Anderson bahkan terang-terangan menentang ajaran utama Alkitab, yaitu: “Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.” Dia menyebutnya sebagai penyesatan biologis.

Dr. Self bersikukuh mengajarkan bahwa semangat untuk memperjuangkan kepentingan sendiri menutupi semua hasrat biologis, dan merupakah hakekat alami manusia sebagai makhluk sosial.  Semangat ini sangat penting dan dibutuhkan agar seseorang dapat berdiri tegak berdampingan dengan sesamanya manusia.  Kalaupun dia menolong orang lain, maka tujuannya adalah agar kelak dia mendapatkan balasan yang setimpal bahkan lebih besar.

Coba buka mata Saudara lebar-lebar!  Bukankah masyarakat zaman sekarang ini cenderung semakin egois dan egocentris?  Jangan heran!  Karena memang itulah kecenderungan alami manusia berdosa.  Lihat saja praktek kehidupan para pemuka dan penguasa Yahudi,
• Memakan riba dari saudara-saudarinya ( 7).
• Menjual saudara-saudaranya ( 8).
• Membungakan uang dan gandum saudara-saudarinya (10).

“Wajahnya” berbeda, tetapi rohnya sama dengan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ) pada zaman sekarang.

Syukurlah, Nehemia tampil sebagai Bapa Pembangunan yang bersih, yang tidak mementingkan diri sendiri, bahkan rela berkorban bagi kepen-tingan orang banyak (14-19).  Bagaimana dengan kebutuhan kita sendiri?  Jangan kuatir!  Allah yang akan memikirkan dan menyediakan segala kebutuhan kita segala yang terbaik—bahkan lebih baik dari apa yang kita dapat bayangkan, mimpikan dan imajinasikan sekali pun.

Mereka yang egois selalu berkekurangan, tetapi yang pemurah justru semakin berkelimpahan.

Artikel oleh: August 29, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Nehemiah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Nehemia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda