Cara Kerja Yang Baik

Bacaan Alkitab: Nehemia 3

“Maka bersiaplah imam besar Elyasib dan para imam, saudara-saudranya, lalu membangun kembali pintu gerbang Domba” (Nehemia 3 : 1)

Menurut Adam Smith, makin efisien pekerjaan diorganisisr makin cepatlah keberhasilan meningkat.  Dengan menguraikan proses pekerjaan menjadi tugas yang terpisah-pisah, produksi dapat ditingkatkan dan dipercepat.

Seorang pekerja kira-kira dapat membuat 20 batang jarum sehari.  Sebuah pabrik kecil dengan 10 pekerja hanya menghasilkan 200 batang jarum.  Akan tetapi, ketika pekerjaan itu dibagi menjadi 10 tugas, lalu masing-masing pekerja diminta untuk melakukan satu tugas saja, ternyata pabrik itu dapat menghasilkan 2.000 batang jarum.

Sekarang, coba perhatikan bagaimana cara kerja orang Yahudi bekerja dalam membangun kembali tembok Yerusalem,
• Imam besar Elyasib dan saudara-saudaranya membangun kembali pintu gerbang Domba (ay 1).
• Di dekatnya, orang-orang Yerikho membangun (2a)
• Di dekatnya, Zakur bin Imri membangun (2b).
• Bani Senaa membangun pintu gerbang Ikan (ay 3).
• Di dekatnya, MEremot bin Uria mengadakan perbaikan (4a)
• Di dekatnya, Mesulam bin Berekhya (4b) ; Di dekatnya, Zadok bin Baana (4c) ; Di dekatnya, orang-orang Tekoa (5).
• Yoyada bin Paseah dan Mesulam bin Besoja membangun pintu gerbang lama (6).
• Di dekatnya Melaca, Mizpa, Uziel dst. (7 –32).

Dalam sebuah kerja tim, tidak ada cara lain, setiap tim harus membagi tugas secara jelas.  Setelah itu, masing-masing berusaha untuk menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sampai kemenangan bersama tercapai.

Demikianlah juga dalam membangun gereja Tuhan, baik secara fisik maupun secara rohani.  Setiap anggota Tubuh Kristus harus mengetahui karunia Roh yang Tuhan percayakan.  Sesuai dengan karunianya, masing-masing harus menjalankan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.  Sampai kapan?  Sampai rencana Tuhan yang besar itu dapat terwujud!

Kerjakanlah apa yang Anda bisa kerjakan sesuai dengan kapasitas yang Anda miliki, dan apa yang tak dapat Anda kerjakan, percayakan kepada orang lain yang bisa mengerjakannya.

Artikel oleh: August 27, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Nehemiah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Nehemia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda