Stay Holy!

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 2: 14 – 26

“Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.”   (2 Timotius 2:21)

Di dalam rumah kita pasti banyak sekali perabotan, mulai dari yang berharga mahal sampai perabotan yang harganya sangat murah atau kurang berarti. Kita akan memperlakukan perabot yang berharga mahal dengan baik dan hati-hati supaya tidak terjadi kerusakan.  Penggunaan masing-masing perabot pasti disesuaikan dengan fungsinya. Seperti dikatakan bahwa, “Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.” (2 Timotius 2:20).

Begitu juga dengan keberadaan kita sebagai anak-anak Tuhan. Bila kehidupan kita kudus, setia dan taat melakukan firman Tuhan, kita akan dipakaiNya untuk pekerjaan-pekerjaan besar demi hormat dan kemulian nama Tuhan. Jadi, tidak semua orang dipakai oleh Tuhan!  Itu dikarenakan sampai saat ini masih banyak juga orang Kristen yang hidupnya menyimpang dari firman Tuhan dan tidak menghormati Tuhan, walaupun mereka rajin ke gereja atau bahkan terlibat aktif dalam pelayanan. Mereka tidak ada bedanya dengan para pengajar sesat, di mana, “Perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker.” (2 Timotius 2:17a) dan telah menyimpang dari kebenaran, sehingga keberadaan mereka hanya mengacaukan orang lain. Sudah pasti, orang Kristen yang semacam ini tidak akan dipakai Tuhan.

Ada hal lain yang harus kita perhatikan agar hidup kita dapat dipakai oleh Tuhan untuk tujuan yang mulia yaitu kita harus menyucikan diri dari segala jenis kejahatan. “Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.” (2 Korintus 6:17). Sebaliknya, “…kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.” (2 Timotius 2:22). Jadi hidup di dalam ketaatan dan kekudusan adalah syarat mutlak!

Tanpa kekudusan, hidup kita tidak akan dipakai oleh Tuhan untuk tujuan mulia!

Artikel oleh: July 31, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 2 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda