Tetaplah Melayani!

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 1: 1 – 18

“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

(2 Timotius 1 : 7)

Walaupun sedang berada dalam penjara, perhatian Rasul Paulus tidak terpusat pada dirinya sendiri, tetapi pada pekerjaan Tuhan yang sedang dikerjakan oleh Timotius. Dengan memusatkan perhatian pada Timotius, Rasul Paulus terhindar dari sikap mengasihani diri sendiri.

Sebenarnya Rasul Paulus memiliki alasan untuk mengasihani diri sendiri, yaitu karena saat itu dia sedang berada dalam penjara (2:9) dan karena dia ditinggalkan oleh para pengikutnya yang berasal dari Asia Kecil, termasuk Figelus dan Hermogenes (1:15). Demas, anggota timnya, juga meninggalkan dia karena Demas tidak bisa melawan godaan dunia. Walaupun Rasul Paulus beranggapan bahwa kematiannya sudah dekat, dia tidak pernah tenggelam dalam penderitaan, melainkan ia terus memikirkan keberlangsungan pelayanan yang telah dia rintis, dan yang saat itu telah ia percayakan kepada orang-orang yang dia latih, termasuk Timotius.

Sekalipun sedang berada di dalam penjara, Rasul Paulus tetap mendukung pelayanan Timotius melalui beberapa cara: Pertama, Rasul Paulus selalu mendoakan Timotius siang dan malam (1:3). Kedua, dia mendorong semangat Timotius dalam melayani dengan mengingatkan akan penyertaan Roh Kudus, panggilan Allah, penebusan oleh Yesus Kristus (1:6-10, 13-14). Ketiga, dia membagikan pengalamannya, bukan hanya penderitaan yang dia alami, tetapi juga kekuatan yang Allah berikan kepadanya (1:11-17).

Bila saat ini Anda sedang mengalami pergumulan dalam pelayanan, jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam penderitaan Anda. Ingatlah anugerah Allah yang telah Anda terima dan tetaplah pikirkan pekerjaan Tuhan.В  Bila kita sudah tidak bisa terjun dalam pelayanan, kita masih bisa berdoa dan memberi dorongan kepada mereka yang sedang melayani.

Jadi, tidak ada alasan buat kita untuk tidak melayani Tuhan!
Dalam situasi dan kondisi apapun, kita bisa melayani Tuhan!

Artikel oleh: July 28, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 2 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda