Jauhilah Ajaran Sesat!

Bacaan Alkitab: 1 Timotius 4: 1 – 10

“Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa diwaktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan” ( 1 Timotius 4 : 1)

Akhir-akhir ini banyak bermunculan ajaran-ajaran sesat yang dibungkus begitu rapi sampai-sampai banyak orang yang tidak tahu kalau mereka sedang diperdayai, semisal:  aliran Mormon, saksi Yehovah dan sebagainya.  Yang jelas, ajaran sesat adalah ajaran yang berlawanan dengan firman Tuhan dan tidak sesuai dengan Injil.  Ajaran sesat ini dikerjakan oleh orang-orang yang berada di bawah kendali roh-roh penyesat atau Iblis.  Misi mereka adalah menjerat orang-orang yang lemah imannya untuk dijadikan penganutnya.

Sebagai orang percaya kita tidak perlu terkejut atau takut karena Alkitab sudah lebih dulu menyatakan bahwa di hari-hari menjelang kedatangan Tuhan yang keduakalinya akan ada banyak ajaran-ajaran sesat (Matius 7:15-16).  Jadi, Tuhan sudah tahu apa yang akan terjadi kelak, karena Dia adalah Mahatahu.  Pertanyaannya:  bagaimana supaya kita tetap kuat mengiring Tuhan dan tidak dapat disesatkan oleh mereka?  Ingat!  Setiap manusia diciptakan dengan kehendak bebas (free will).  Kita punya hak memilih sebagaimana bangsa Israel di perhadapkan dengan pilihan:  memilih beribadah kepada Tuhan atau allah lain.  Tapi Yosua dengan tegas berkata,  “…aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan!”  (Yosua 24:15b).  Ketika orang membuka diri untuk ajaran-ajaran sesat, roh-roh penyesat akan bekerja dalam dirinya. Berhati-hatilah, jangan sampai kita lengah dan terpedaya!  “…jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua.  Latihlah dirimu beribadah.”  (1 Timotius 4:7).

Kita harus meningkatkan ibadah kita dan tidak menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah yang ada supaya ‘telinga rohani’ kita semakin peka dengan ajaran-ajaran yang sehat.  Semakin banyak kita belajar dan merenungkan firman Tuhan, panca indera kita pun akan semakin terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Roh Kudus akan menolong, membimbing dan mengurapi kita dengan kuasaNya, sehingga kita punya keberanian untuk menolak setiap ajaran yang tidak sesuai dengan Injil Kristus!

Artikel oleh: July 21, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 1 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Timotius)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Hendry - July 21, 2012

    Shallom
    Benar sekali Pak.. Tapi ajaran jenis ini masih bisa kita ketahui walaupun dalih mereka sangat logika tapi dengan IMAN kita dapat melawannya. Ada ajaran sesat yang benar-benar sangat sulit dibedakan apakah dari iblis atau Tuhan karena sumbernya dari hamba-hamba Tuhan sendiri, bahkan mereka sendiri tidak menyadari sedang mengajarkan kesesatan dan mereka menganggap itu suatu kebenaran, hanya hidup dalam Roh saja yang dapat menyatakan benar atau tidak!”Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” (Matius 7:17-20).

Tulis Komentar Anda