Hidup Untuk Berjuang!

Bacaan Alkitab: 1 Timotius 1: 18 – 20

“….memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni” (1 Timotius 1 : 18b)

 
Dalam pembacaan ini kita mendapati satu kebenaran yang sangat penting, dimana hal itu menjadi tugas dari Timotius.  Apakah tugas yang dipercayakan Tuhan kepada Timotius itu?  Yaitu, ia diutus untuk memenangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni.  Sudah seharusnya, hal itupun menjadi tugas setiap orang percaya masa kini yang harus selalu diperjuangan.

Gambaran kehidupan manusia adalah suatu perjuangan.  Kehidupan yang tanpa perjuangan adalah kekalahan ataupun kemalangan.  Maximus dari Tirus berkata “Allah adalah jenderal, hidup ini adalah perjuangannya dan manusia adalah tentaranya:.  Seneca berkata, “Lucilius, kekasihku, bagiku hidup adalah prajurit”.

Ini merupakan kebenaran yang harus diaplikasikan dalam kehidupan kita.  Maka dalam mengaplikasikannya, ada tiga hal yang perlu dicatat, bahwa :

  • Kita dipanggil bukan untuk bertempur, melainkan untuk berjuang. Hidup ini adalah perjuangan panjang, pelayanan tanpa akhir, tak terbatas, penuh tantangan berat, dan setelah berlalu, orang dapat melipat tangan dengan damai.
  • Kita dipanggil dan diutus untuk perjuangan yang baik.  Arti aslinya (Baik—kalos-Yunani), tidak hanya berarti sesuatu yang baik dan kuat, melainkan juga sesuatu yang menawan dan indah.  Kita bukanlah dipanggil dan melayani dengan paksaan tetapi dengan keteguhan, dan sukarela disertai dengan pengabdian.
  • Kita harus memperlengkapi diri dengan dua senjata penting.  Yaitu, pertama: iman dan, kedua: hati nurani yang murni.  Disaat paling gelap sekalipun, orang percaya memerlukan iman yang tidak pernah menyusut dan hati nurani yang murni, yang diterangi oleh cahaya Roh Kudus.  Jika tidak demikian, maka kandaslah iman kita, gagallah perjuangan kita.  Dengan begitu, kita jadi pecundang!

Hidup bukan perlombaan lari jarak pendek, melainkan maraton jarak jauh, dimana didalamnya pasti ada bahaya, maka perlu selalu waspada!

Artikel oleh: July 14, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 1 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda