Allah Tetap Pegang Kendali

Bacaan Alkitab: Ester 2: 1 – 18

“Maka Ester dikasihi oleh baginda lebih dari pada semua perempuan lain…” (Ester 2 : 17)

 

Apakah para gadis cantik yang dikumpulkan di istana raja merasa senang dengan pemilihan “calon ratu” pengganti Wasti? Nampaknya tidak!В  Dalam pasal 2:12-14 menunjukkan kekejaman poligami. Perawatan kecantikan selama satu tahun merupakan ‘persiapan pernikahan.’ Namun, yang menyedihkan adalah bahwa sebagian besar gadis tersebut bukan menantikan pernikahan, melainkan “ke-janda-an”.В  Para gadis dibawa ke istana raja pada waktu malam, dan keesokan harinya dibawa ke istana yang lain. Ia tidak akan menghadap raja lagi kecuali raja menghendakinya.В  Mereka yang tidak dipilih akan menjalani sisa hidupnya seperti seorang janda (bandingkan dengan 2 Samuel 20 : 3).

Namun, Allah mempunyai rencana khusus bagi Ester. Pada tahun ketujuh pemerintahan Ahasyweros (2:16), yaitu empat tahun setelah Ratu Wasti disingkirkan (1:3), Ester – yang ikut dikumpulkan di benteng Susan – dibawa menghadap raja. Sebelum Ester muncul, tidak ada seorang gadis pun yang memuaskan raja. Sekarang, tiba-tiba raja mengasihi Ester lebih daripada yang lain, dan menjadikannya ratu menggantikan Wasti. Setelah melihat Ester, raja tidak lagi melanjutkan pemilihan ratu di antara para gadis. Apakah tindakan raja ini merupakan keberuntungan atau merupakan kekejian mengingat bahwa Ester adalah seorang Yahudi yang menikah dengan seorang kafir (Nehemia 13:25)?

Kadang-kadang, Allah seperti memberi kejutan dalam kehidupan kita. Kita tidak langsung dapat mengetahui dengan pasti apa yang Tuhan inginkan di tengah perubahan hidup yang seperti itu. Namun, Allah tetap memegang kendali.

Berjalanlah senantiasa bersama-Nya sambil menantikan keseluruhan kehendak-Nya dibukakan kepada kita.

Artikel oleh: June 23, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Esther (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ester)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Thisye - July 5, 2013

    Jalan Tuhan tak terselami oleh setiap hati manusia namun satu hal, percayalah Tuhan punya rancangan yang indah…
    GB
    ^__^

Tulis Komentar Anda