Menanti Dengan Sabar

Bacaan Alkitab: Rut 3: 8 – 18

“Duduk sajalah menanti, anakku, sampai engkau mengetahui, bagaimana kesudahan perkara itu…” (Rut 3 : 18)

 

Naomi dan Rut merencanakan sesuatu untuk kebahagiaan hidup mereka, namun Naomi sadar bahwa segala sesuatu sudah diatur oleh Tuhan dengan tangan-Nya yang tidak kelihatan, namun dapat dirasakan, asalkan dia dan Rut sabar menanti pertolongan Tuhan dengan diam (3:18).

Perkawinan levirat adalah adat perkawinan yang menyangkut saudara ipar.  Jika seorang suami meninggal tanpa anak, “nama” almarhum diteruskan melalui perkawinan sang janda dengan saudara laki-laki si suami (Ulangan 25:5-10). Di samping merupakan sarana untuk mempertahankan warisan keluarga, perkawinan levirat ini mengungkapkan kesetiaan sang janda terhadap suaminya. Seorang go’el (bahasa Ibrani) adalah kerabat dekat (saudara kandung atau saudara terdekat) yang wajib bertindak sebagai “penebus” (Imamat 25:25-28, 47-49). Dalam kasus Rut, seorang go’el harus melaksanakan perkawinan levirat.

Naomi sangat ingin membahagiakan menantunya, Rut. Karena Boas adalah go’el bagi Rut, Naomi merencanakan pertemuan Rut dengan Boas. Rut menunjukkan kesetiaan dengan menuruti semua perkataan ibu mertuanya. Naomi tahu bahwa ada bagian Tuhan yang akan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya. Nasihatnya kepada Rut (3:18) menunjukkan kebergantungannya kepada Allah. Naomi bukan hanya pasrah menunggu tindakan dari Boas untuk mengatur semuanya, tetap ia yakin Tuhan pun akan melakukan bagian-Nya.

Bagi orang percaya, iman bukan hanya berserah kepada Tuhan, tetapi harus disertai dengan usaha serta kesadaran bahwa ada hal yang tidak bisa kita kerjakan sendiri.  Ada bagian Tuhan yang akan Ia kerjakan bagi anak-anak-Nya. Tuhan menghendaki agar kita menanti dengan diam pertolongan Tuhan. Apakah Anda menantikan Dia hari ini?

Menanti dengan sabar akan janji-janji Tuhan merupakan langkah iman yang takkan mengecewakan.

Artikel oleh: June 16, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ruth (Renungan Alkitabiah dari Kitab Rut)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda