Berjalan Dengan Iman

Bacaan Alkitab: Rut 3: 1 – 5

“Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan” (Rut 3 : 5)

Apabila kita membaca kisah perjalanan hidup Rut, kita akan melihat seorang wanita yang hidupnya ditransformasikan menjadi jauh lebih baik setelah ia memilih untuk percaya pada Tuhan dan berjalan dalam iman.

Sewaktu Mahlon anak Naomi, yang adalah suaminya meninggal, Rut berhak meninggalkan Naomi dan menikah dengan lelaki lain di tanah kelahirannya di Moab. Tetapi Rut bersikeras untuk ikut Naomi ke tanah Yehuda. Pilihan yang Rut buat bukanlah suatu pilihan yang mudah.  Rut memilih meninggalkan tradisinya, kebudayaannya, negaranya, tuhannya bangsa Moab, dan yang paling penting: jaminan masa depannya, demi ikut Naomi ke tanah Yehuda. Rut tidak tahu apa yang akan ia alami di tanah Yehuda; dia tidak tahu seberapa besar tantangan yang akan dia hadapi di sana. Tetapi dia memlilih untuk percaya dan bertindak dalam iman pada Tuhan-nya Naomi.

Sewaktu ia tiba di Yehuda, Rut pun terus hidup dalam iman akan Tuhan. Naomi mempunyai seorang sanak dari pihak suaminya, seorang yang kaya raya dari kaum Elimelekh, namanya Boas. Naomi mengajarkan Rut untuk dilakukan ke Boas (Rut 3:4-5).   Rut melakukan sesuatu yang tidak lazim bagi orang Yahudi dan Moab, yaitu untuk seorang perempuan tidur di kaki laki-laki. Tetapi Rut percaya pada nasehat Naomi dan berani mempertaruhkan hidupnya, Rut tinggalkan kenyamanannya dengan melawan tradisi.

Jadi, apakah Anda sudah memilih untuk bertindak dengan iman meninggalkan semua yang Ia mau Anda tinggalkan? Ingat bahwa Tuhan ingin mempromosikan Anda. Tetapi sebelum itu terjadi, Anda harus memilih percaya kepada-Nya. Seperti Rut, yang diubahkan Tuhan dari latar belakang orang berdosa, orang yang tidak ada apa-apanya dan terkutuk menjadi wanita yang terhormat, kaya dan hidup berkelimpahan. Ini terjadi ketika Rut memilih Allah dan bertindak dengan iman meninggalkan segalanya yang berarti bagi dia.

Tuhan ingin supaya Anda berjalan dengan iman kepada-Nya. Tuhan ingin melakukan restorasi dan terobosan-terobosan dalam hidup Anda. Tetapi Anda harus memilih untuk percaya bahwa Dia bisa dan akan melakukannya sebelum semua terobosan itu terjadi.

Berjalanlah dengan iman, maka Anda akan melihat kuasa-Nya bekerja nyata dalam hidup Anda.

Artikel oleh: June 14, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ruth (Renungan Alkitabiah dari Kitab Rut)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. manstro - April 3, 2013

    makasih buat renungannya saya merasa sangat diberkati sekali….

Tulis Komentar Anda