Makin Berakar Kuat

Bacaan Alkitab: Kolose 1: 24 – 2: 1 – 15

“Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”   (Kolose 2:7)

Kedewasaan rohani terjadi ketika kita harus terus berakar dan tinggal di dalam firmanNya. Untuk dapat berakar di dalam Dia, kita harus belajar firman dan merenungkannya setuap hari, “…yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya;…” (Mazmur 1:2-3), seperti yang dikatakan Daud. Sebaliknya, bila kita meremehkan firman, kerohanian kita tidak dapat berakar dan bertumbuh, bagaikan tanaman yang kerdil (bonsai), yang tidak akan menghasilkan buah, lambat laun makin kering dan akhirnya akan mati.

Orang Kristen yang tidak suka membaca dan merenungkan firman akan makin jauh dari Tuhan dan kehidupannya pasti mengalami kekeringan. Sulit baginya mengharapkan rohaninya bertumbuh dan berakar serta berbuah di dalam Kristus! Iblis tidak senang bila kita berakar dan bertumbuh di dalam Tuhan, maka dengan seribu satu macam cara ia berusaha membisikkan suaranya agar kita terlena dan lebih menuruti keinginannya “…dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.” (Kolose 2:8). Mari kita belajar untuk tidak mendengarkan suara iblis dan lebih berkonsentrasi mendengarkan firman melalui pembacaan firman di dalam renungan-renungan atau kotbah para hamba Tuhan!
Bila kita tidak mau mengerjakan apa yang dikehendaki Tuhan, iblis akan terus menteror kita dan merampas damai sejahtera kita. Iblis bisa memakai orang-orang terdekat untuk mengintimidasi kita dengan berkata seperti: “Percuma kamu rajin ke gerja, buktinya sampai sekarang sakitmu tidak sembuh-sembuh atau masalahmu tambah banyak.” Maka dari itu jangan biarkan iblis merajai pikiran kita! Pencegahan dapat kita lakukan dengan menyerahkan diri kepada Roh Kudus, semakin giat merenungkan firman dan berdoa, maka RohNya niscaya semakin memenuhi kita!

Merenungkan dan melakukan firman membuat kita makin berakar kuat di dalam Dia!

Artikel oleh: May 3, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Colossians (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kolose)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Berto Satrio Marbun - May 7, 2012

    Iman timbul dari pendengaran akan Firman Allah juga artinya harus menjadi kesukaan untuk mendengar firman Allah yang dilanjutkan dengan aplikasi dalam hidup sehari-hari. Seseorang yang beriman pasti akan menghasilkan buah. tidak mungkin seseorang berbuah tanpa iman yang bertumbuh. Dengan demikian Firman yang membuat iman kita berakar kuat di dalam Tuhan.

Tulis Komentar Anda