Perhatikan Perbuatanmu!

Bacaan Alkitab: Filipi 2: 12 – 18

“Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.  Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut  dan berbantah-bantahan”,  (Filipi 2 : 13, 14)

Rasul Paulus menulis surat ini kepada jemaat di Filipi dengan pernyataan “yang kekasih, kamu senantiasa taat” (ay 12) dan ia menghendaki agar jemaat tetap taat berpegang pada firmanNya “sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia” (ay 15). Kita dipanggil sebagai terang dunia, “Kamu adalah terang dunia” (Mat 5:14), “Demikianlah hendaklah terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang disurga” (Mat 5:16).   Perbuatan kita akan diperhatikan oleh dunia ini, karena itu perhatikan perbuatan-perbuatan kita!

  1. Melakukan pekerjaan Tuhan—”Karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar…”(ay 12). Rasul Paulus berkata tetaplah kerjakan keselamatanmu bukan bekerjalah untuk keselamatanmu. Keselamatan adalah pemberian Allah tetapi tetap perlu dikerjakan untuk mencapai kesempurnaanNya. Tegasnya, seperti di dalam keluarga, anak adalah pemberian Tuhan tetapi tetaplah kerjakan agar anak dapat bertumbuh menjadi dewasa dan hidup dalam berkatNya bukan diterima dan dibiarkan di dalam keadaan seperti semula. Marilah kita melakukan pekerjaan Tuhan dengan takut dan gentar. “supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak” (Yoh 14:13).
  2. Melayani tanpa mengeluh atau berdebat—”Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,”(ay 14).  Yang Tuhan kehendaki lakukan segala sesuatu dengan kerelaan, jangan ngomel dan jangan berdebat apalagi karena iri hati sehingga menimbulkan pertengkaran.
  3. Memiliki hidup dalam berkat-Nya—”Aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah”(ay 16). Tidak percuma!, “Giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan….jerih payahmu tidak sia-sia”. Rasul Paulus mengungkapkan pengorbanan dan pelayananmu (baca ay 17) akan menghasilkan semua pihak bersukacita, semua diberkati!, “aku bersukacita … Dan kamu juga harus bersukacita..” (ay 17-18).

 

 Tuhan adalah Tuhan yang adil, yang akan memperhatikan perbuatan kita dan yang akan memberkati kita sesuai dengan apa yang kita lakukan bagi Dia.

Artikel oleh: April 24, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Philipians (Renungan Alkitabiah dari Kitab Filipi)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda