Raihlah Kemenangan

Bacaan Alkitab: Efesus 6: 10 – 24

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;”   (Efesus 6 : 11)

 

Rasul Paulus menggambarkan bahwa kehidupan rohani orang Kristen seperti berada di medan peperangan. Selama hidup di dunia ini kita akan terus berperang melawan Iblis. Bukan peperangan yang bersifat jasmani, di mana musuh terlihat dan dapat diukur kekuatannya, melainkan peperangan yang bersifat rohani.  Jadi musuh kita tidak kelihatan secara kasat mata. “Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Efesus 6:12).

Peperangan inilah yang sangat sulit, karena bisa berlangsung kapan saja dalam waktu 24 jam dan di mana saja. Kita juga tidak tahu secara pasti kapan musuh itu datang dan menyerang kita, yang jelas “…si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Petrus 5:8b). Secara manusia kita tidak akan mampu menang melawan serangan Iblis, tetapi bersama Tuhan kita akan dapat mengalahkan Iblis beserta pasukannya. Jadi kita harus kuat di dalam Tuhan, yang artinya kita harus bergantung sepenuhnya kepada Tuhan.

Ada dua fungsi alat perlengkapan perang itu yaitu perlengkapan untuk bertahan  dan perlengkapan untuk menyerang. Perlengkapan untuk bertahan adalah iman, yang berfungsi sebagai perisai, “…dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,” (Efesus 6:16); sedangkan perlengkapan untuk menyerang adalah firman Tuhan, “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum;” (Ibrani 4:12a-b).

Ketika Tuhan Yesus sedang dicobai oleh Iblis di padang gurun, Dia menggunakan firman Allah sebagai alat untuk mengalahkannya. Oleh sebab itu kita harus selalu berjaga-jaga dan berdoa dan penuhi hati kita dengan firman Tuhan yang hidup dan berkuasa!

Hanya orang-orang Kristen yang kuat dan tangguh yang mampu meraih kemenangan di medan peperangan itu.

Artikel oleh: April 18, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ephesians (Renungan Alkitabiah dari Kitab Efesus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda