Kebenaran Karena Iman

Bacaan Alkita: Roma 9 – 10

“Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan”.
(Roma 10 : 10)

Dalam pasal ini, Rasul Paulus menjelaskan beberapa kali bahwa manusia hanya dapat diselamatkan melalui Tuhan Yesus. Kata “selamat” mempunyai banyak arti tetapi dalam firmanTuhan, keselamatan hanya melalui Kristus dan oleh iman saja. Manusia telah kehilangan kemuliaan Allah karena dosa. Tapi Tuhan ingin membenarkan manusia, karena itu Tuhan Yesus datang untuk membenarkan kita. Keselamatan dari Kristus juga berarti pendamaian dengan Allah dan sesama. Karena jika kita dibenarkan maka kita akan menerima damai sejahtera.  Keselamatan dari Kristus juga berarti mendapat hidup baru, yaitu hidup sebagai anak Allah. Tuhan juga senang jika kita menjadi anak-Nya dan memanggil-Nya dengan sebutan “Bapa”.

Dalam surat Roma, Paulus menjelaskan bahwa kehidupan lahiriah lama manusia dirusak oleh dosa dan mengakibatkan hubungan kita dengan Tuhan dan juga sesama manusia menjadi putus dan mengakibatkan kesendirian dan ketidakjelasan tujuan hidup. Dengan menerima hidup baru, hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama diperbaiki kembali.  Semua ini hanya dikarenakan iman kepada Kristus.

Pada Roma 10:9-10, dijelaskan pengakuan iman dan akibat dari iman kepada Yesus yaitu mendapatkan keselamatan. Mengaku berarti percaya. Kita mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan karena dipimpin oleh Roh Kudus  (Roma 8:14).  Banyak manusia mencari keselamatan tetapi manusia tidak dapat mendapatkan keselamatan itu dengan kekuatan sendiri, karena itu Tuhan menyediakan jalan bagi manusia. Kuasa dan pengorbanan Kristus memberi hidup baru, damai sejahtera dan pembenaran yang kekal.

Manusia hanya dapat diselamatkan karena iman; percaya, mengerti, menyetujui dan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan.  Karena itu, semua orang harus mendengar firman Tuhan dan mengaku, agar bisa diselamatkan. Allah telah memberikan kekayaan yang tidak dapat didapat oleh manusia yaitu keselamatan bagi semua orang yang percaya. Karena itulah maka saat ini ada seratus ribu lebih misionaris pergi ke seluruh dunia untuk menyampaikan kabar ini.

Yang pasti bahwa, manusia hanya dapat diselamatkan karena iman!

Artikel oleh: March 29, 2012   Kategori : Bibical Devotion from Rome (Renungan Alkitabiah dari Kitab Roma)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda