Jati Diri Orang Percaya

Bacaan Alkitab: Roma 1: 1 – 7

“Kepada kamu sekalian yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan orang-orang kudus: Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus”.  (Roma 1:7)


Jemaat di Roma, kemungkinan besar, dirintis oleh orang-orang yang bertobat di Yerusalem pada hari Pentakosta atau oleh orang-orang dari Makedonia dan Asia yang bertobat di bawah pelayanan Paulus.  Di tengah kota Metropolis yang penduduknya sangat plural, Paulus mengingatkan jati diri mereka yang baru sebagai orang percaya.

Mereka adalah milik Kristus! (ay 6).  Mereka, sebagian besar, belum pernah melihat Tuhan Yesus; tetapi jiwa mereka telah mendengar panggilan kasih-Nya.  Firman yang mereka dengar telah menerangi pengertian mereka.  Itulah sebabnya, mereka telah menanggapi kasih Allah dengan iman dan ketaatan.  Kepemilikan atas hidup mereka telah diserahkan kepada Kristus.  Mereka tetap tinggal di dunia, tetapi tidak lagi milik dunia ini.

Mereka adalah kekasih-kekasih Allah! (ay 7a).  Allah memang mengasihi dunia ini.  Akan tetapi, banyak orang yang membiarkan Allah bertepuk sebelah tangan.  Syukurlah, jemaat Roma menanggapi kasih Allah dengan positif.  Mereka tidak takut dicemooh dunia ini karena yang terpenting adalah mereka dikasihi dan mengasihi Allah.  Mereka tidak lagi haus akan pujian dunia ini, mereka justru rindu untuk menyatakan kasih Allah kepada dunia ini.

Mereka adalah orang-orang kudus! (ay 7b).  Orang percaya dipisahkan Allah untuk mempunyai kehidupan yang sama sekali berbeda baik dengan kehidupan lama mereka maupun dengan lingkungan masyarakat tempat mereka tinggal.  Segala aspek kehidupan orang percaya yang telah dipenuhi Roh Kudus, seharusnya semakin memancarkan karakter Allah. Mereka adalah garam dan terang yang mempengaruhi lingkungan secara aktif dan positif.

Saharusnya orang Kristen yang sejati harus menunjukkan jati dirinya yang sesungguh dalam setiap aspek hidupnya!

 

Artikel oleh: March 15, 2012   Kategori : Bibical Devotion from Rome (Renungan Alkitabiah dari Kitab Roma)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda